Potensi Emas Aceh Tersebar di 6 Kabupaten

Potensi Emas Aceh Tersebar di 6 Kabupaten

Potensi-Emas-Aceh-Tersebar-di-6-Kabupaten
Potensi Emas Aceh Tersebar di 6 Kabupaten

Aceh memiliki potensi emas yang tersebar di enam kabupaten, namun saat ini belum dieksploitasi secara komersial oleh perusahaan yang mendapat izin resmi dari pemerintah.

Keenam kabupaten yang  memiliki deposit logam mulia itu adalah Aceh Jaya, Aceh Selatan (Kecamatan Sawang dan Manggamat), Pidie (Kecamatan Geumpang dan Tangse), Aceh Barat (Kecamatan Lancong, Tutut, dan Panton Reu), Nagan Raya (Kecamatan Krueng Cut/Beutong dan Krueng Kila/Seunagan Timur), dan Kabupaten Aceh Tengah.

Informasi itu diungkapkan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh, Ir Mahdinur MM.

Mahdinur sedang dinas di Jakarta saat dihubungi untuk menanggapi isu yang iangkat Serambi sebagai liputan khusus pada edisi Rabu berjudul ‘Ramai-ramai Berburu Emas di Geumpang’.

Mahdinur mengakui benar bahwa para pendulang di Aceh telah secara turun-temurun mendulang emas, khususnya di daerah Aceh Barat dan Nagan Raya.

Tak terkecuali di Geumpang, Pidie, sebagaimana dilaporkan koran hari ini.

Menurut Mahdinur, kegiatan  mendulang emas yang dilakuan oleh masyarakat hanya bersifat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari (subsisten) saja.

Baca Juga: Harga Emas Antam Rontok

Namun, lanjut Mahdinur, ada juga kegiatan yang sudah bersifat komersial, yakni menambang dengan menggunakan alat berat maupun media pemisah emas secara ilegal/penambangan tanpa izin (Peti) yang dilakukan oleh oknum tertentu secara ilegal.