Potensi Cadangan Komoditas Aspal Indonesia Berlimpah

Potensi Cadangan Komoditas Aspal Indonesia Berlimpah
Potensi Cadangan Komoditas Aspal Indonesia Berlimpah

Seiring dengan maraknya pembangunan infrastruktur di dalam negeri, pemerintah diharapkan bisa memberikan peran kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan pengembangan Izin Usaha Pertambangan (IUP) aspal karena potensi sumber daya aspal di Indonesia berlimpah.

Karenanya, pakar hukum sumber daya alam dari Universitas Tarumanagara Ahmad Redi mengatakan, pemerintah perlu mendorong peran korporasi dalam negeri untuk memaksimalkan potensi aspal.

Dibutuhkan intervensi untuk menggarap potensi cadangan aspal di dalam negeri.

Oleh karena itu, pemerintah perlu memberikan peran kepada BUMN yang bergerak di sektor ini Supaya bisa mengintervensi sumber daya investasi, SDM, teknologi, sampai pemasaran.

Untuk menggenjot investasi di komoditas ini pemerintah bisa segera membuka lelang wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) aspal sesuai yang sudah diatur.

Dalam PP 23/2010 batuan aspal masuk jenis tambang batubara. Untuk mengembangkan itu bisa bisa dilakukan lelang.

Potensi aspal Indonesia terbilang menjanjikan. Tercatat keterdapatan paling utama berada di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara.

Berdasarkan data Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), sumber daya aspal di Pulau Buton tercatat mencapai 792,5 juta ton dan cadangan sebanyak 182,65 juta ton.

Potensi tersebut nyatanya bisa cukup untuk kebutuhan dalam negeri. Daerah lain juga ada potensi aspal, seperti di Wonokromo, Jawa Timur.

Dengan potensi sebesar itu kehadiran komoditas aspal ini harus lebih diperhatikan, supaya kebutuhan aspal dalam negeri bisa terpenuhi.

Sayangnya, sampai sekarang aspal sebagai komoditas ekspor pun belum optimal.

Sebagai informasi, melalui kajian dan riset Fungsi Research and Technology Center (RTC), Pertamina kini berupaya untuk memanfaatkan ketersediaan aspal yang sangat tinggi di Pulau Buton dan sekitarnya. Diperkirakan, jumlah deposit aspal Buton mencapai 650 juta ton.

Baca Juga: 5 Manfaat Sumber Daya Alam Tambang

Principal I Petrochemical & Petroleum Non Fuel RTC Yana Meliana mengatakan, kendati memiliki jumlah deposit yang banyak, aspal Buton tidak bisa dipakai langsung karena mengandung banyak mineral yang dapat menyebabkan rusaknya peralatan saat aplikasi.

“Agar kualitasnya baik, aspal Buton perlu diolah dulu melalui proses ekstraksi,” ujar Yana.