PLTU Batang Siap Beroperasi di Akhir Tahun ini

Must read

PT Adaro Energy Tbk (ADRO) menargetkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang di Jawa Tengah akan siap beroperasi pada akhir tahun 2021 atau selambat-lambatnya awal 2022. 

“Memang sekarang progresnya sudah sekitar 94% lebih,” kata Chief Financial Officer PT Adaro Energy Tbk Lie Luckman pada Senin (19/4/2021).

Dia menuturkan, untuk proyek PLTU sebesar itu banyak sekali yang perlu dikejar dan diperbaiki. Pihaknya masih terus berupaya dalam mengejar target agar pembangunan segera rampung dan dapat beroperasi akhir tahun ini.

“Progresnya kita sedang kejar terus. Kita berharap akan bisa operasional nanti di akhir tahun 2021, akhir ya, atau awal 2022. Kira-kira begitu untuk yang proyek Batang,” tuturnya.

Nantinya Adaro akan memasok batu bara pada PLTU Batang mencapai 7 juta ton per tahun. 

Baca Juga : Sempat Terganggu! Pasokan Batu Bara PLN Kini Terkendali

“Suplai dari Adaro sendiri itu sekitar 5 sampai 7 juta ton per tahun,” tukasnya.

Seperti diketahui, PLTU Batang ini dikelola oleh PT Bhimasena Power Indonesia, perusahaan konsorsium yang dimiliki oleh PT Adaro Power bersama Electric Power Development Co. Ltd. (J-Power) dan Itochu Corporation. PLTU ini disebut akan menjadi pembangkit listrik dengan teknologi ultra-supercritical (USC) terbesar dan pertama di Asia Tenggara.

Bhimasena mendapat kesepakatan pendanaan (financial close) pada Juni 2016 dengan perkiraan total investasi sekitar US$ 4,2 miliar. Perusahaan memperoleh pendanaan sebesar US$ 3,4 miliar dari Japan Bank for International Cooperation dan beberapa lembaga keuangan lainnya. 

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article