PLTB Terbesar Pulau Jawa akan Memiliki Wisata EBT

PLTB Terbesar Pulau Jawa akan Memiliki Wisata EBT

PLTB-Terbesar-Pulau-Jawa-akan-Memiliki-Wisata-EBT
PLTB Terbesar Pulau Jawa akan Memiliki Wisata EBT

General Manager PT PLN Distribusi Jawa Timur Bob Saril mengatakan PLTB yang terletak di Kecamatan Wongsorejo tersebut akan membentang di Selat Bali yang menghubungkan Pulau Jawa dan Bali.

“Ini akan jadi PLTB pertama dan terbesar di Pulau Jawa. Ditargetkan beroperasi pada 2023. Kami sudah lakukan studi kelayakan (feasibility study) sejak 2019,” cetus BobĀ 

Banyuwangi Pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) berkapasitas 50 megawatt (MW) akan berdiri di Kabupaten Banyuwangi.

Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN mengklaim PLTB ini akan menjadi pembangkit tenaga angin terbesar pertama di Pulau Jawa.

Bob menjelaskan salah satu alasan dibangunnya PLTB di Banyuwangi tepatnya di Wongsorejo adalah karena di lokasi tersebut embusan anginnya cukup kencang.

Berdasarkan penelitian, di lokasi tersebut terdapat semacam terowongan angin yang kekuatannya bagus sebagai pendorong pembangkit listrik.

“PLTB ini akan memasok listrik untuk Kabupaten Banyuwangi dan Bali. Dengan kapasitas 50 Megawatt bisa menyuplai listrik untuk 50 ribu pelanggan,” imbuhnya.

Bob menambahkan, proses menuju pembangunan telah dimulai. Pada bulan Maret mendatang, proses akan dimulai dengan studi kelayakan kekuatan angin dengan mendirikan tiang pancang.

“Rencananya, bulan Maret kami akan uji kekuatan angin lewat tiang pancang yang akan kami dirikan dulu,” kata Bob.