PGN Hadirkan Layanan Digitalisasi Gas Bumi Rumah Tangga

PGN Hadirkan Layanan Digitalisasi Gas Bumi Rumah Tangga
PGN Hadirkan Layanan Digitalisasi Gas Bumi Rumah Tangga

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menginisiasi terobosan baru dalam upaya memperluas pemanfaatan gas bumi rumah tangga, yakni dengan tambahan layanan digitalisasi data dan pemasangan smart meter (monitoring pemakaian gas dan status jaringan) bagi pelanggan sektor rumah tangga dan pelanggan kecil (GasKita). 

Layanan tambahan yang diinisiasi PGN dalam rangka mendukung implementasi PP No.18 tahun 2020 dan Program Sapta PGN “PGN Sayang Ibu”, di mana PGN menargetkan 4 juta SR di tahun 2024 dengan investasi mandiri. 

Faris Azis selaku Direktur Komersial PGN mengungkapkan, pada program baru ini PGN akan mengoptimalkan infrastruktur jaringan backbone Fiber Optic 160 Gbps untuk menunjang digitalisasi layanan gas.

“Digitalisasi yang sudah berkembang pesat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat mendorong PGN untuk menginisiasi program jargas dengan layanan tambahan data dan smart meter,” kata Fariz pada Jumat (5/2/2021).

Pelanggan juga akan semakin memudahkan PGN dalam pencatatan pemakaian gas per bulan. Secara otomatis, pemakaian gas akan terhitung secara akurat dan realtime melalui smart meter yang menggunakan jaringan telekomunikasi handal. Metode tersebut juga dapat meminimalkan kontak fisik di masa pandemi.

Baca Juga : Pertamina: Anggaran Subsidi LPG 3kg di 2021 Tembus 40 T

Pemasangan jaringan pipa sudah sesuai dengan standar dan dilakukan oleh entitas yang bersertifikasi. Demi kenyamanan pengguna, dilakukan pemeliharaan jaringan secara rutin dan dilengkapi dengan peralatan safety seperti gas alarm system.

PGN juga memberikan perlindungan apabila terjadi kebakaran jaringan pipa gas rumah tangga, serta kartu pelanggan untuk mempermudah komunikasi antara pelanggan dengan petugas PGN mengenai gas bumi.