Petrosea Tbk Dipilih WEF Wakili Indonesia di Global Lighthouse Network

Petrosea Tbk
Petrosea Tbk Dipilih WEF Wakili Indonesia di Global Lighthouse Network

Pada hari Rabu, 3 April 2019 lalu, Salah satu perusahaan tambang Nasional yaitu PT Petrosea Tbk menjadi perusahaan kontrak pertambangan Indonesia satu-satunya yang terpilih oleh World Economic Forum untuk masuk ke dalam Global Lighthouse Network pada acara Annual Meeting of the Champions yang diadakan di Dalian, Republik Rakyat Tionghoa.

Petrosea di seleksi sebagai salah satu dari 10 perusahaan global dari lebih dari 1200 kandidat tahun ini, yang terdiri dari perusahaan jasa dan manufaktur dari berbagai sektor dan industri. Saat ini, Petrosea telah menjadi bagian dari 26 perusahaan yang bergabung di dalam Global Lighthouse Network.

Baca Juga: Petrosea dan Schneider Jadi Contoh Industri 4.0

Global Lighthouse Network merupakan kumpulan perusahaan, atau “lighthouse” dari berbagai lokasi geografis dan industri. Menurut World Economic Forum, mereka berperan sebagai acuan untuk memandu perusahaan lainnya untuk melewati segala tantangan yang dihadapi dalam mengaplikasikan teknologi terkini, seperti artificial intelligence, big data analytics dan 3D printing.

Petrosea terpilih karena kesuksesannya mengimplementasi teknologi revolusi Industri 4.0 untuk memacu kinerja finansial dan operasional di proyek Tabang, sebuah proyek remote yang berlokasi di Kalimantan Timur.

Petrosea memulai transformasi digital kegiatan operasional pertambangannya pada bulan Juni 2018 sebagai langkah strategis untuk memastikan sustainable superior performance pada masa mendatang. Berbagai inisiatif diimplementasi, seperti optimized truck dispatch, real-time performance monitoring dan predictive maintenance. Setelah 6 bulan, Petrosea berhasil mentransformasi proyek yang penuh tantangan tersebut menjadi salah satu proyek yang paling menguntungkan di PT Petrosea Tbk.