Petrosea Siapkan Capex Rp 2,4 Triliun

Petrosea Siapkan Capex Rp 2,4 Triliun

Petrosea-Siapkan-Capex-Rp-2,4-Triliun
Petrosea Siapkan Capex Rp 2,4 Triliun

Emiten jasa pertambangan PT. Petrosea Tbk (PTRO) menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) tahun ini senilai US$ 175 juta atau setara dengan Rp. 2,46 triliun (asumsi kurs Rp. 14.100/US$).

Mayoritas dari dana tersebut akan digunakan untuk penambahan alat produksi baru untuk meningkatkan kapasitas produksi perusahaan di tahun ini.

Direktur Petrosea Romi Novan Indrawan mengatakan tingkat utilisasi perusahaan di tahun lalu mencapai 100% sehingga perusahaan menilai perlu melakukan penambahan alat produksi untuk meningkatkan kapasitas produksi.

“Penambahan alat ini untuk rencana kita untuk mendapatkan tambahan volume produksi dari yang ada sekarang,” kata Romi di Balai Kartini, Jakarta, Senin (22/4).

Secara lebih rinci, dia menjelaskan bahwa dana tersebut senilai US$ 100 juta akan digunakan untuk penambahan delapan fleet alat berat, terdiri dari delapan eskavator dan 7-10 dump truck/eskavator.

Kemudian senilai US$ 30 juta akan digunakan untuk perbaikan peralatan yang sudah ada. Sisanya senilai US$ 45 juta digunakan untuk pembelian komponen alat berat.

Capex ini sebagian besar berasal dari kas internal perusahaan, sedangkan senilai US$ 60 juta akan berasal dari pinjaman dua bank.

Baca Juga: Apakah Eksplorasi Tambang Bisa Selamanya?

Dia menjelaskan, saat ini kapasitas overburden removal (bisnis pemindahan batuan penutup batu bara) perusahaan mencapai 40 juta bank cubic meter (bcm) dan utilisasinya sudah mencapai 100%.