Petrosea Catat Gross Profit Baik Dikala Laba Turun

Petrosea Catat Gross Profit Baik Dikala Laba Turun

Petrosea Catat Gross Profit Baik Dikala Laba Turun
Petrosea Catat Gross Profit Baik Dikala Laba Turun

Kendati pendapatan dan laba turun hingga kuartal III/2020, emiten milik Grup Indika dan Lo Kheng Hong, PT Petrosea Tbk (PTRO) mencatat gross profit margin yang lebih baik. 

PTRO juga optimistis tahun 2021 kinerja perusahaan bakal pulih seiring dengan prospek yang lebih cerah.

Emiten kontraktor pertambangan, PT Petrosea Tbk., optimistis kinerja perusahaan secara keseluruhan dapat bertumbuh lebih baik pada 2021 dibandingkan dengan tahun 2020. 

Presiden Direktur Petrosea, Hanifa Indradjaya mengatakan bahwa pihaknya melihat prospek bisnis yang lebih cerah pada tahun 2021.

Sehingga perseroan ini memiliki ruang tumbuh lebih baik setelah mengalami tekanan pada tahun ini akibat pandemi Covid-19.

Hanifa pun menilai kendati perseroan mengalami penurunan pendapatan dan laba dibandingkan dengan 2019. 

Tapi PTRO berhasil membukukan gross profit margin (GPM) yang lebih besar secara tahunan pada 2020.

Berdasarkan laporan keuangan perseroan, emiten berkode saham PTRO itu membukukan pendapatan sebesar US$249,92 juta hingga kuartal III/2020, turun 34 ,01

persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar US$378,74 juta.

Sementara itu, PTRO mencatatkan laba yang dapat diatribusikan kepada entitas induk sebesar US$13 juta, terkoreksi turun 36,8 persen dibandingkan dengan kuartal III/2019 sebesar US$20,5 juta.

Baca Juga: Petrosa Optimistis Kinerja Pada 2021 Membaik

Namun, PTRO berhasil mencatatkan Gross Profit Margin (GPM) sebesar 19 persen pada sembilan bulan pertama tahun 2020, dibandingkan dengan 15 persen pada periode yang sama tahun lalu.

Hanifa mengatakan bahwa dengan perolehan tersebut membuktikan PTRO tahan banting di masa yang cukup sulit, sehingga peluang pemulihan cukup besar dan posisi yang sangat baik untuk segera pulih.