Perusahaan Tambang RI Dapat Layanan Digitalisasi Perpajakan

Perusahaan Tambang RI Dapat Layanan Digitalisasi Perpajakan

Perusahaan Tambang RI Dapat Layanan Digitalisasi Perpajakan
Perusahaan Tambang RI Dapat Layanan Digitalisasi Perpajakan

Guna mempercepat dan efisiensi pembayaran pajak bagi perusahaan tambang, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menciptakan digitalisasi pajak pertambangan.

DJM melalui TelkomMetra secara resmi menyediakan layanan dan teknologi digitalisasi pajak, untuk MIND.ID, yang merupakan induk atau holding company dari PT. Indonesia Asahan Alumunium (Inalum), PT. Freeport Indonesia, PT. Timah Tbk dan PT. Bukit Asam Tbk. Kerjasama ini secara resmi ditandai dengan penandatanganan MOU antara MIN.ID dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada 4 September 2020 lalu.

Teknologi yang dikembangkan Telkompajakku dapat membantu Wajib Pajak Badan yang tergabung dalam MIND.ID Group untuk melakukan digitalisasi data perpajakan, sehingga Wajib Pajak Badan lebih efektif dan efisien dalam proses perpajakan “Hitung, Bayar dan Lapor” dengan lebih transparan, cepat, mudah dan akurat.

“Peran MIND.ID sebagai pemimpin industri pertambangan, sangat signifikan bagi ekonomi Indonesia, dan kami sangat senang bisa membantu keempat perusahaan ini menuju digitalisasi perpajakan. Digitalisasi perpajakan akan membantu perusahaan dalam hal Tax of Compliance, yang selain membantu mereka agar melapor dengan tepat, tapi juga akan berkontribusi kepada ekonomi Indonesia,” ujar Plt. Direktur Utama TelkomMetra, Roby Roediyanto.

Baca Juga: Menyongsong Energi Berkelanjutan

Digitalisasi pajak lewat teknologi Telkompajakku, juga memungkinkan ke empat perusahaan tambang besar yang tergabung dalam MIND.ID juga dapat melakukan Integrasi Data Perpajakan.

Sehingga memungkinkan perusahaan mengurangi resiko Cost of Compliances atau pengenaan sanksi atau denda yang diakibatkan oleh kesalahan pelaporan pajak.