Pertamina Teken MoU dengan Adaro dan INDY

Must read

Pertamina Teken MoU dengan Adaro dan INDY

Pertamina Teken MoU dengan Adaro dan INDY
Pertamina Teken MoU dengan Adaro dan INDY

Guna meningkatkan mutu perdagangan batu bara Pemerintah melalui PT. Pertamina (Persero) menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja sama pengembangan proyek gasifikasi batu bara menjadi Dimethyl Ether (DME) dengan sejumlah perusahaan batu bara, seperti PT. Adaro Energy Tbk (ADRO) dan PT. Indika Energy Tbk (INDY) di Jakarta, hari ini, Senin (07/12/2020).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, program gasifikasi batubara merupakan upaya perusahaan untuk mengembangkan energi alternatif dengan bahan baku yang banyak terdapat di Indonesia sekaligus mengurangi impor LPG.

Namun, ia menekankan pentingnya penerapan teknologi yang tepat dalam program ini, sehingga dapat mengurangi dampak lingkungan yang dikhawatirkan dari penggunaan batu bara.

“Program pengurangan impor BBM dan LPG ini sejalan dengan strategi Pertamina ke depan untuk mengoptimalkan sumber daya alam sebagai bahan baku energi, sehingga dapat mengurangi impor dan defisit neraca perdagangan. Dengan banyaknya sumber daya yang dimiliki Indonesia dan teknologi yang tepat, maka isu lingkungan dapat dibuktikan. Bahwa program gasifikasi batu bara menjadi DME menggantikan LPG tidak akan menjadi isu lingkungan di Indonesia. Pemilihan teknologi menjadi kunci,” jelasnya seperti dikutip dari keterangan resmi perusahaan pada Senin (07/12/2020).

Baca Juga: 6 Eksportir Teken Virtual Kontrak Ekspor Batu Bara

Ia pun menyampaikan, program ini perlu didukung dengan kepastian regulasi ke depannya, sehingga menjadi stimulus untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, industri dan menciptakan lapangan kerja di Indonesia.

Program gasifikasi batu bara Pertamina sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu, salah satunya dengan rencana kerja sama dengan PT. Bukit Asam Tbk (PTBA).

1 COMMENT

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article