Pertamina Siapkan SDM Guna Operasional Kilang Minyak

Pertamina
Gandeng Kampus, Pertamina Siapkan SDM Guna Operasional Kilang Minyak

Dalam siaran pers, Direktur SDM Pertamina Koeshartanto mengatakan, Pertamina membutuhkan tenaga kerja dengan lingkup keahilan yang luas. Contohnya seperti ahli permesinan, ahli kelistrikan, dan lain-lain.

PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan lima politeknik dalam pengembangan pendidikan vokasi. Bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia pada proyek pembangunan kilang, mulai dari persiapan hingga pengoperasian.

“Kami bekerja sama dengan beberapa pendidikan vokasi untuk menyiapkan SDM unggul. Selanjutnya mereka akan dipersiapkan untuk pengoperasian kilang,” ujar Koeshartanto, Selasa (5/12).

Penandatanganan kesepakatan digelar kemarin (4/12) di Kantor Pusat Pertamina, dihadiri oleh Direktur Mega Proyek dan Petrokimia Ignatius Tallulembang. Dia juga menekankan pentingnya kesiapan SDM unggul demi menjamin kelancaran operasional kilang di kemudian hari.

“Kita siapkan calon operator kilang ke depan, kita siapkan modulnya. Kemudian Pertamina juga siapkan on job training. Kita latih SDM ini untuk lebih yakin atas kesiapan mental power, kita siapkan lebih baik untuk bisnis yang lebih baik,” jelasnya.

Baca  juga: Penguatan Harga Minyak Tertahan

Apalagi proyek revitalisasi kilang Pertamina terus berjalan di beberapa daerah. Antara lain di Balikpapan, Cilacap, Balongan, dan Dumai. Jadi perlu dilakukan persiapan SDM yang mumpuni. Kilang tak akan beroperasi secara maksimal jika dijalankan SDM tak berkualitas.

Megaproyek Pertamina ini juga digadang-gadang mampu mendorong perekonomian daerah. Lapangan kerja akan tercipta untuk 172.000 orang, baik secara langsung maupun tidak langsung, sejak pekerjaan proyek berlangsung hingga kilang mulai beroperasi.

Dengan terbukanya peluang ini, diharapkan masyarakat akan mendapatkan sumber penghasilan. Jadi, daya beli masyarakat turut meningkat yang pada gilirannya akan mendorong kehidupan masyarakat yang sejahtera.