Pertamina Akan Hentikan Impor LPG pada 2027

Must read

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, PT Pertamina (Persero) optimis bisa segera menghentikan impor Liquefied Petroleum Gas (LPG) pada 2027 dan menggantikannya menggunakan gasifikasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME).   

Nicke juga menambahkan, Indonesia masih menghadapi tantangan untuk mengatasi defisit transaksi berjalan (Current Account Deficit) akibat masih tingginya impor energi. 

Di sisi lain, Indonesia juga merupakan negara yang memiliki sumber daya domestik besar yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku energi.

Saat ini Pertamina juga memiliki 3 program prioritas sebagai bagian dari implementasi transisi menuju ekonomi hijau. 

Nicke mengatakan untuk pengurangan ketergantungan pada impor LPG, Pertamina menjalankan proyek gasifikasi batu bara menjadi Dimethyl Ether (DME) yang akan menggantikan penggunaan LPG di dalam negeri.

“Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki cadangan batu bara terbesar berpeluang baik untuk melakukan gasifikasi batu bara menjadi DME. Kami yakin dengan pengembangan DME ini dapat mencapai target pemerintah untuk bebas impor LPG pada tahun 2027,” tambah Nicke. 

Baca Juga: Tertinggi Sejak 2018! Harga Batu Bara Juni US$100/Ton

Selain pengurangan impor LPG, Pertamina telah menjalankan program penurunan impor BBM jenis Solar, melalui implementasi Biodiesel B20 sejak sejak tahun 2016 dan dilanjutkan dengan B30 pada 2019. 

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article