Perguruan Tinggi Harus Cari Terobosan Alternatif Energi Terbarukan

Saat ini, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) tengah mendorong semangat inovasi di perguruan tinggi terkait energi terbarukan sebagai implikasi upaya menekan ketergantungan terhadap energi fosil secara bertahap.

Perguruan-Tinggi-Harus-Cari-Terobosan-Alternatif-Energi-Terbarukan
Perguruan Tinggi Harus Cari Terobosan Alternatif Energi Terbarukan

Sebab, Indonesia memiliki potensi energi terbarukan yang sangat melimpah, namun belum sepenuhnya dimanfaatkan secara maksimal.

“Oleh karena itu, perguruan tinggi harus hadir mencari terobosan alternatif energi terbarukan dan mengambil peran demi mendukung ketahanan energi nasional,” ujar Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro di Jakarta.

Bambang menyebutkan sumber energi terbarukan yang dimiliki Indonesia lengkap dari langit, bumi, hingga air. Saat ini Kemenristek fokus mengkaji biomassa dan substitusi diesel. Hal ini dikarenakan sangat ’visible’ untuk bisa menjadi energi alternatif bagi masa depan.

Baca Juga: Minyak Berfluktuasi Jelang Rapat OPEC+, Pemotongan Produksi Bakal Gagal?

Ketua Forum Energizing Indonesia Ikatan Alumni Departemen Teknik Gas Petro Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FEI ILUNI DTGPK FTUI) Mauren PL Toruan berharap dengan adanya seminar nasional yang dilaksanakan oleh Forum Energizing Indonesia.

“Alumni dapat berperan aktif dalam memberi kontribusi nyata untuk departemen Teknik Kimia FTUI serta kepada mahasiswa. Selain itu mahasiswa bisa mendapatkan pendidikan soft skill yang memadai untuk nantinya dapat berguna dalam dunia pekerjaan,” terang Mauren PL Toruan.