Penurunan Wall Street akibat Corona dan Harga Minyak

Must read

Bursa Saham Amerika Serikat (AS) Wall Street mencatatkan penurunan terbesarnya sejak krisis keuangan 2008 pada Senin (9/3/2020). Hal itu disebabkan oleh kekhawatiran akibat turunnya harga minyak dan wabah virus corona.

Rata-rata, ketiga indeks saham utama AS anjlok tajam di bel pembukaan. Hal ini juga sempat membuat perdagangan dihentikan di awal transaksi dibuka.

Indeks Dow Jones Industrial Average anjlok 2.013,76 poin atau 7,79%, menjadi 23.851,02, S&P 500 terkoreksi 225,81 poin atau 7,6%, menjadi 2.746,56 dan Nasdaq Composite turun 624,94 poin atau 7,29%, menjadi 7.950,68.

Penurunan Wall Street
Penurunan Wall Street

Sentimen negatif untuk pasar datang dari kejatuhan harga minyak, yang terjadi pasca negara-negara yang tergabung dalam OPEC+ mengumumkan akan menghentikan pemangkasan produksi mulai akhir Maret pada Jumat lalu.

Sebagaimana diketahui, pada Jumat lalu negara-negara yang tergabung dalam OPEC + mengadakan pertemuan di Wina, Austria.

Setelah pertemuan, mereka mengumumkan akan berhenti melakukan pemangkasan produksi besar-besaran.

Ini dilakukan setelah Rusia menolak melanjutkan memangkas produksi dengan alasan untuk mendukung pasar minyak yang sedang mengalami kemerosotan.

Baca Juga : Minyak Berfluktuasi Jelang Rapat OPEC+, Pemotongan Produksi Bakal Gagal?

OPEC+ merupakan kelompok gabungan antara negara-negara OPEC yang dipimpin Arab Saudi, dengan negara-negara sekutu non-OPEC yang dipimpin Rusia.

Semua negara yang tergabung dalam kelompok itu pertama kali berkomitmen pada kebijakan untuk membatasi produksi minyak secara kolektif pada tahun 2016.

Itu merupakan upaya mereka untuk meningkatkan harga. Kesepakatan mulai berlaku pada Januari 2017.

“Ada banyak ketakutan di pasar dan jika harga minyak semakin rendah itu akan menjadi indikasi bahwa resesi global tidak jauh,” kata Peter Cardillo, kepala ekonom Spartan Capital Securities, New York.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article