Penurunan Target Produksi Tambang Batu Bara Dikeluhkan Pengusaha di Kalteng

Must read

Penurunan target produksi batu bara di Kalimantan Tengah mendapat perhatian pengusaha di Bumi Tambun Bungai. Mereka mengeluhkan pengurangan tersebut, karena tidak tercapainya target produksi yang dipasang lantaran adanya kendala pasang surut air sungai.

Penurunan-Target-Produksi-Tambang-Batu-Bara-Dikeluhkan-Pengusaha-di-Kalteng
Penurunan Target Produksi Tambang Batu Bara Dikeluhkan Pengusaha di Kalteng

Beberapa pengusaha mengaku, air sungai daerah aliran sungai barito maupun Sungai Mentaya dalam tahun 2019 yang lalu. Ketika musim kemarau sempat debitnya turun sehingga menyulitkan kapal pengangkut batu bara maupun bijih besi melintas keluar sungai hingga sampai ke muara laut.

“Operasional eksploitasi tambang batu bara di DAS Barito bahkan sempat tertahan hingga sekitar lima bulan. Ini dikarenakan air surut , tongkang pengangkut batubara tidak bisa keluar. Ketika air sungai debitnya turun.Tentu produksi batubara sementara terhenti ketika jalur sungai mengering,” ujar satu pengusaha.

Wakil Ketua DPRD Kalteng, Jimmi Carter yang juga adalah pengusaha Tambang Batubara di DAS Barito, mengakui, adanya keluhan penurunan target produksi batubara yang disampaikan pengusaha tambang di Kalteng tersebut.

Bahkan ada usulan rencana kerja anggaran biaya (RKAB) tahun 2020 yang belum terbit. Padahal, pengusaha sudah melakunan presentasi rencana kerja anggaran biaya atau RKAB tahun 2020 kepada Dinas ESDM Kalteng.

Baca Juga: Tambang di China Belum Normal, Harga Batu Bara Naik

Dia mengatakan, “tanpa adanya RKAB pengusaha tidak bisa memasang target untuk produksi batubara dalam tahun 2020 ini. Parah lagi, target produksi batubara malah diturunkan, sehingga memang banyak dikeluhkan pengusaha tambang,” ujarnya.

Pantauan di Sungai Mentaya Sampit, debit air sudah tinggi seiring musim penghujan sehingga kapal dengan tonase besar pengangkut hasil tambang dari hulu sungai menuju muara sungai sudah lancar beroperasi, karena air pasang.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article