Pengembangan Energi dari Durian untuk Perangkat Listrik

Ilmuwan sedang mengembangkan potensi lain dari buah durian atas kandungan energi listrik di dalamnya. Buah durian malahan dikatakan dapat melakukan pengisian daya cepat pada perangkat elektronik semisal komputer dan smartphone atau bahkan mungkin mobil listrik.

Ilmuwan sedang meneliti cara alam merancang buah-buahan berduri seperti durian dan nangka. Para peneliti telah menemukan bahwa dengan memanfaatkan biowaste buah.

Dikatakan kedua buah mereka dapat mengubahnya menjadi super kapasitor yang memiliki kemampuan untuk menyimpan sejumlah besar energi.

"<yoastmark

Bagi sebagian orang, buah durian terkenal sangat berbau mengganggu. Namun, sebagian lainnya justru sangat menyukai buah musiman ini karena dagingnya yang manis dan khas.

Baca Juga : Proyek Hijau PLN

Menurut para peneliti, ketepatan struktural biomassa alami dengan pori-pori hierarkisnya bisa memberikan sumber daya yang luar biasa sebagai template untuk sintesis bahan berbasis karbon.

Sifat-sifatnya yang terintegrasi dari area permukaan tinggi, konduktivitas dan situs aktif antarmuka dapat memfasilitasi reaksi elektrokimia, difusi ionik, dan densitas pembawa muatan tinggi.

Gagasan bahwa alam dapat memberikan solusi bagi beberapa keajaiban teknologi modern kita bukanlah hal baru. Bagaimanapun, salah satu eksperimen sains yang lebih sederhana yang diajarkan kepada kita di sekolah.

Seperti bagaimana kentang yang sederhana dapat digunakan sebagai baterai. Jadi ini seharusnya tidak terlalu mengejutkan ketika buah berduri semisal durian dapat pula digali potensinya untuk menghasilkan daya listrik.