Penerimaan Negara dari Sektor Minerba Sukses Lewati Target

0
7
Penerimaan Negara dari Sektor Minerba Sukses Lewati Target
Penerimaan Negara dari Sektor Minerba Sukses Lewati Target

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi penerimaan negara dari sektor pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba) per 6 September 2021 tembus Rp42,36 triliun atau sukses lewati 108,33% dari target tahun ini.

Diketahui sebelumnya target Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada sektor pertambangan ini sebesar Rp39,10 triliun.

Penerimaan sektor ini paling banyak terekam pada Agustus 2021. Tercatat pada bulan Agustus, royalti yang diperoleh negara dari sektor minerba mencapai Rp4,2 triliun, dan penjualan hasil tambang sebesar Rp2,98 triliun. 

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI), Hendra Sinadia mengatakan, capaian penerimaan negara tersebut didorong oleh harga komoditas batubara yang mengalami peningkatan signifikan.

Peningkatan harga komoditas batubara sendiri dipicu oleh terhambatnya produksi akibat faktor cuaca dan meningkatnya permintaan pasar. 

Kondisi tersebut menyebabkan realisasi penerimaan negara dari sektor ini melewati target. Dari total tersebut, sub sektor batubara disebut menjadi kontributor paling besar, sekitar 80-85% dari PNBP sektor minerba. 

Baca Juga : On Fire! Harga Batubara Tembus US$175/Ton

Kementerian ESDM optimis dengan terus menguatnya harga komoditas minerba, penerimaan negara dari sektor ini masih akan terus bertambah. Para pengusaha sektor minerba juga berharap harga komoditas dapat terus meningkat dan menguat.

Seperti yang diketahui, realisasi penerimaan negara di sektor pertambangan minerba pada 2020 sebesar Rp34,65 triliun atau lewati 110,29% dari target yang hanya Rp31,41 triliun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here