Pemerintah Rilis Pedoman Divestasi Saham Pertambangan

Pemerintah Rilis Pedoman Divestasi Saham Pertambangan

Pemerintah-Rilis-Pedoman-Divestasi-Saham-Pertambangan
Pemerintah Rilis Pedoman Divestasi Saham Pertambangan

Adapun Keputusan Menteri ESDM No. 84/2020 ini ditetapkan dan berlaku pada 8 April 2020

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merilis pedoman pelaksanaan penawaran, evaluasi serta perhitungan divestasi saham bidang pertambangan mineral dan batu bara.

Beleid ini menjadi perpanjangan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 43 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 09 Tahun 2017 Tata Cara Divestasi Saham dan Mekanisme Penetapan Harga Saham Divestasi pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Adapun Keputusan Menteri ESDM No. 84/2020 ini ditetapkan dan berlaku pada 8 April 2020.

Pedoman pelaksanaan penawaran, evaluasi, serta perhitungan harga saham divestasi tambang minerba meliputi limabelas kegiatan.

Nantinya, jika pemerintah pusat tidak memberikan  Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, Pemda, BUMN/BUMD, swasta nasional serta bursa saham.

“Menetapkan Pedoman Pelaksanaan Penawaran, Evaluasi, serta Perhitungan Harga Saham Divestasi di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini,” tulis diktum kesatu, dan satu-satunya dalam Kepmen ESDM 84/2020 yang diteken Arifin Tasrif.

Berikut penjelasan ringkat pedoman penawaran harga saham divestasi minerba:

Evaluasi dan negosiasi harga saham. Dalam melakukan melakukan evaluasi dan negosiasi harga saham, Menteri ESDM dapat membentuk Tim Divestasi.

Baca Juga: Bundaran Petrosea Siapkan Instalasi Seni Ukiran Perunggu

Keanggotaan tim divestasi sekurang-kurangnya terdiri atas perwakilan dari Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN dan BKPM.