Pemerintah Kurangi Emisi Migas melalui Teknologi CCUS

Must read

Pemerintah melalui kementerian ESDM terus berupaya mengurangi emisi (C02) di sektor minyak dan gas bumi dengan menerapkan Carbon Capture, Utilization, dan Storage (CCUS) 

“Kami mendukung penuh penerapan CCUS di sektor migas melalui Enhanced Oil Recovery (EOR)/Enhanced Gas Recovery (EGR). Teknologi ini diperlukan untuk mengembangkan ladang migas yang mengandung CO2 tinggi, meningkatkan produksi dan mengurangi emisi. CCUS bisa menjadi solusi untuk menyediakan energi yang lebih ramah lingkungan,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji pada Kamis (29/4/2021).

Tutuka menjelaskan, penerapan CCUS tengah menjadi bahasan penting di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan teknologi tersebut dianggap dapat meningkatkan pemulihan minyak di ladang yang sudah habis.

Baca Juga : PLN Tambah Gas saat Stok Batu Bara Awal 2021 Menipis

Ia menilai, keadaan  ini relevan dengan target pemerintah untuk mencapai produksi minyak menjadi 1 juta barel dan gas 12 BSCFD di tahun 2030 mendatang. 

Adapun beberapa langkah yang diambil di antaranya dengan mengoptimalkan produksi lapangan, mencari cadangan baru melalui eksplorasi, dan peningkatan migas nasional produksi melalui EOR/EGR.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article