Pemerintah Dorong Pencapaian Target EBT di 2025

Pemerintah Dorong Pencapaian Target EBT di 2025

Pemerintah Dorong Pencapaian Target EBT di 2025
Pemerintah Dorong Pencapaian Target EBT di 2025

Pemerintah Indonesia terus berupaya melaksanakan percepatan pengembangan EBT agar dapat mencapai target 23 persen EBT pada bauran energi nasional di 2025 sebagaimana amanat Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

Pencapaian target itu penting guna mewujudkan ketahanan energi.

Pemerintah Indonesia mendorong agar berbagai macam pihak ikut serta mendorong tercapainya target 23 persen EBT pada bauran energi nasional di 2025.

Namun, ia tidak menampik ada banyak hambatan termasuk pandemi covid-19 sekarang ini.

Meski demikian, apresiasi diberikan kepada pihak-pihak yang mau membantu pemerintah mencapai target EBT tersebut.

Sejalan dengan itu, Tirta Investama dan Danone-AQUA membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pabrik Danone-AQUA di Klaten, Jawa Tengah.

Penggunaan PLTS melalui panel surya rooftop lebih ramah lingkungan dan sejalan dengan penerapan program sirkulasi ekonomi.

Dirinya berharap lebih banyak lagi pelaku industri yang menerapkan ekonomi hijau dengan mengoptimalkan penggunaan energi yang ramah lingkungan serta tidak hanya bergantung pada energi fosil.

Target pemerintah untuk mencapai 23 persen EBT tidak mudah.

Bahkan, pandemi covid-19 membuat tantangan kian berat untuk pemerintah mencapai target tersebut, terlebih disaat pandemi konsumsi listrik menurun termasuk di Jawa Tengah.

Baca Juga: Produksi Freeport Tinggal 60% di Masa Transisi

Terkait dengan PLTS melalui panel surya di rooftop, pemerintah telah melakukan pengaturan melalui Permen ESDM Nomor 49 yang kemudian diubah di Permen 13 Tahun 2019 dan terakhir di Permen 16 Tahun 2019.

Hal itu dilakukan agar penggunaan PLTS di rooftop bisa menjadi lebih menarik lagi, tidak hanya oleh rumah tangga.