Dunia Pertambangan, Ini Dia Pemenang Keselamatan Kerja

Dunia Pertambangan
Dunia Pertambangan, Ini Dia Pemenang Keselamatan Kerja

Dalam industri dunia pertambangan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K-3) merupakan salah satu faktor yang penting agar tercipta kelancaran dalam kegiatan agar timbul rasa aman dan nyaman bagi pekerja dengan tujuan supaya pekerja dapat bekerja secara produktif dan optimal.

Secara prinsip, kecelakaan kerja dapat terjadi oleh kondisi yang tidak aman serta kegiatan atau aktifitas yang tidak aman. Di industri pertambangan, seorang Kepala Teknik Tambang (KTT) ditunjuk sebagai penanggung jawab penuh terhadap K-3 dan dibantu oleh Pengawas Operasional dan Pengawas Teknis.

Pada tahun 2018 yang lalu, pemerintah memberikan apresiasi kepada perusahaan tambang dan juga jasa. Melalui Aditama, pemerintah membagi tiga kategori, salah satunya yaitu aspek pengelolaan keselamatan kerja dunia pertambangan. Adapun perusahaan yang memenangkan kategori ini antara lain:

Baca Juga: VMining Dirilis, E-Commerce Batu Bara Pertama di Indonesia

  1. PT Adaro Indonesia
  2. PT Vale Indonesia Tambang Sorowako
  3. PT Jembayan Muarabara
  4. PT Sago Prima Pratama
  5. PT Petrosea Site PT Kideco Jaya Agung
  6. PT Saptaindra Sejati Site PT Adaro Indonesia

Dari penghargaan ini, cukup banyak harapan dari banyaknya perusahaan, khususnya perusahaan tambang agar lebih memperhatikan keselamatan dan keamanan dari pekerja nya. Tantangan pekerjaan tambang dengan alat berat serta lokasi pekerjaan yang cukup ekstrim mengharuskan perusahaan untuk lebih fokus kepada keselamatan dan kesehatan dari pekerja, baik di lapangan maupun di kantor.