Pelanggan Industri Dapat Diskon Tarif Listrik

Pelanggan Industri Dapat Diskon Tarif Listrik

Pelanggan-Industri-Dapat-Diskon-Tarif-Listrik
Pelanggan Industri Dapat Diskon Tarif Listrik

Pemerintah merilis kebijakan untuk memberi subsidi pada listrik kepada pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA.

Rinciannya, pelanggan 450 VA akan digratiskan selama 3 bulan dan pelanggan 900 VA mendapat diskon 50 persen.

Subsidi ini akan diberikan terhitung efektif mulai April hingga Juni 2020. Langkah pemerintah memberikan subsidi ini untuk meringankan beban masyarakat dari dampak Corona. 

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana menjelaskan, kemungkinan besar keringanan tarif listrik ini tidak hanya diberikan untuk pelanggan rumah tangga saja.

Namun, ada potensi untuk diperluas untuk pelanggan sektor industri dan UMKM.

“Terus terang, tadi saya berkomunikasi dengan salah satu deputi Kementerian Perekonomian, sepertinya akan dikeluarkan lagi semacam stimulus yang isinnya termasuk diantaranya adalah untuk sektor industri,” ujarnya dalam video konverensi, Rabu (1/4/2020).

Baca Juga: Batu Bara Melorot Akibat Ekonomi China Merosot

Namun demikian, Rida belum bisa memastikan memastikan tindak lanjut dari rencana pemberian diskon listrik untuk sektor industri dan UMKM.

Ia mengatakan bahwa saat ini sedang dalam kajian dan evaluasi. Sebab situasi saat ini sedang tidak menentu.

“Kami mohon maaf, masih kita kaji. Karena dinamika ke depannya juga kita belum tau. Kita juga lagi menjaring masukan, keluhan, dan masalah dari lapangan,” ucap Rida.