Pelajari Teknologi di Industri Tambang 4.0

Pelajari  Macam-macam Teknologi di Industri Tambang 4.0
Pelajari Macam-macam Teknologi di Industri Tambang 4.0

Perubahan zaman yang semakin modern menuntut berbagai perusahaan tambang yang menerapkan proses peledakan sebagai bagian dari proses penambangannya harus mengimplementasikan prinsip industri tambang 4.0 yaitu artificial intelligence dan machine learning pada pengeboran dan peledakan.

Selain itu, perusahaan tambang juga harus mengedepankan aspek-aspek penting pertambangan, seperti ekonomis, teknis maupun lingkungan.  

Intinya, prinsip di industri tambang 4.0 yang menitikberatkan pada tren otomatisasi harus menerapkan teknologi yang bisa ramah terhadap lingkungan. 

Berikut beberapa inovasi teknologi pertambangan terbaru yang dirasa telah memenuhi aspek-aspek pertambangan, seperti BlastIQTM, ShotplusTM, FragtrackTM, EnvirotrackTM. Berikut penjelasannya: 

Pertama yaitu BlastIQTM.  Teknologi ini mampu mengatur informasi proses pengeboran dan peledakan, menjaga dan merekam data terkait pengeboran dan peledakan pada online platform yang tentunya sangat aman seperti mengaplikasikan sensor fingerprint untuk menjaga data. 

Teknologi BlastIQTM juga mampu mengontrol vibrasi dan airblast dengan fitur tools untuk mendesain, membuat model dan mengukur batasan maksimal dari vibrasi yang diinginkan. BlastIQTM  menawarkan teknologi yang mampu mengontrol proses peledakan, mengontrol kualitas manajemen peledakan, implementasi desain serta mengontrol bench peledakan.

Teknologi lain yang dikembangkan adalah ShotplusTM  yang merupakan teknologi pembaruan pada software peledakan yang mampu mendesain atau membuat modelling bagi peledakan yang lebih kompleks dan detail. 

Baca Juga : Produksi dan Penjualan Mineral RI Diprediksi Naik di 2021

Ketiga yaitu FragtrackTM. Teknologi ini merupakan otomatisasi penangkap gambar objektif serta mampu menjalankan sistem pelaporan (reporting) data fragmentasi. Otomatisasi teknologi ini juga mampu mengukur langsung ukuran fragmentasi yang dihasilkan dari proses peledakan sebelumnya.

Terakhir, EnvirotrackTM yaitu  berupa inovasi yang mampu memonitor, mengukur dan mengontrol efek peledakan seperti flyrock, ground vibration, air blast, serta efek lainnya. Inovasi teknologi ini diharapkan mampu membantu kelancaran proses penambangan pada industri tambang.