Pecah Rekor! Harga Bara Tembus US$ 100/ton

Must read

Harga kontrak futures (berjangka) batu bara termal Newcastle pada perdagangan pekan ini tembus di level psikologis US$ 100/ton. Bahkan sebelumnya, harga si batu legam pada Kamis (14/5/2021) sempat manggung di level US$ 104,65/ton. Level ini merupakan yang tertinggi sejak November 2018.

Berdasarkan data Refinitiv, harga batu bara Ice Newcastle kontrak bulan Juni berhasil ditutup di atas level psikologis US$ 100/ton setelah pekan ini naik 5,52% ke level US$ 101,25/ton. 

Kini tercatat si batu legam sudah membukukan penguatan selama tiga minggu beruntun dimana dua pekan sebelumnya batu bara naik masing-masing 7% dan 4,75%. Kenaikan batu bara acuan beriringan dengan melesatnya harga batu bara acuan di China telah naik 15% dalam 2 pekan terakhir.

“Data terbaru menunjukkan batu bara thermal 5.500 kcal naik 15% dalam 2 pekan terakhir menjadi 900 yuan per ton di pelabuhan China,” kata Colin Hamilton dari BMO Capital Markets.

Hamilton menuturkan, terdapat beberapa indikator yang menunjukkan jika permintaan batu bara dari China masih akan tinggi. Keadaan tersebut tentunya akan membuat harga batu bara tetap terjaga. 

Bahkan, kenaikan harga hingga 15% ini terjadi sebelum puncak permintaan di musim, Indikator yang turut mendukung kenaikan ini juga disebabkan oleh perang dagang antar China dan Australia yang semakin memburuk hingga membuat harga batu bara melesat.

Lebih lanjut, Hamilton mengungkapkan, China saat ini terus  meningkatkan impor batu bara dari Indonesia dan Rusia. Peningkatan permintaan dari Negeri Tiongkok juga diakui pemerintah Indonesia.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengungkapkan, permintaan konsumsi batu bara Tiongkok sepanjang kuartal I-2021 mengalami lonjakan pesat guna memenuhi kebutuhan pembangkit listrik.

Baca Juga : Pengamat: Kenaikan Produksi Batu Bara RI sebaiknya Ditunda

“Permintaan batu bara banyak datang guna memenuhi kebutuhan pembangkit Tiongkok,” ujar Agung pada Selasa (4/5/2021).

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article