Pasokan Batu Bara Aman

Pasokan Batu Bara Aman

Pasokan Batu Bara Aman
Pasokan Batu Bara Aman

Batu bara sebagai energi fosil memang memiliki keterbatasan dari segi jumlah.

Kendati demikian, terkait keperluan cadangan Indonesia tidak perlu khawatir.  

Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) menyampaikan, untuk saat ini pemerintah tidak perlu khawatir akan kekurangan pasokan batubara ke dalam negeri. 

Dengan kondisi pasar yang kelebihan pasokan (oversupply), Ketua Umum Perhapi Rizal Kasli memprediksi kewajiban pasok batubara dalam negeri alias Domestic Market Obligation (DMO) pasti akan terpenuhi.

“Untuk saat ini pemerintah tidak perlu mengkhawatirkan akan kekurangan pasokan dalam negeri. Karena terjadi over supply ke pasar luar negeri dan dalam negeri. DMO pasti akan terpenuhi,” kata Rizal

Dengan pertimbangan tersebut, sambung Rizal, sanksi atas tidak terpenuhinya pasokan DMO tidak relevan untuk saat ini.

“Denda DMO tidak relevan untuk diterapkan saat ini. Justru dengan kejatuhan harga batubara dan banyak perusahaan batubara yang sedang mengalami kesulitan likuiditas,” sambung Rizal.

Dengan kondisi tersebut, Rizal malah mengusulkan adanya insentif untuk meredam beban perusahaan batubara hingga kondisi kembali normal.

Baca Juga: Target Serapan Batu Bara PLN di 2020 Diprediksi Meleset

“Seharusnya ada insentif tertentu dari pemerintah untuk membantu perusahaan yang sedang sulit tersebut. Sehingga semua dapat keluar dari kesulitan ini sampai pandemic covid-19 berakhir,” imbuhnya.