Open Pit, Wisata Bekas Tambang yang Memukau di Belitung Timur

Bertempat di Belitung Timur, ada lokasi bernama Open Pit Lead Mining yang merupakan bekas tambang timah. Dulunya, tambang ini sempat menjadi tambang timah terbesar di Asia Tenggara.

Berlibur ke Belitung biasanya tak jauh-jauh dari mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata hingga pantai-pantainya yang memesona. Namun, tahukah Anda jika Belitung juga punya destinasi wisata tambang yang memukau dan patut untuk dikunjungi?

Baca juga: Pertamina Akan Kembangkan Energi Nuklir

Agar travelers tidak penasaran, berikut sudutenergi.com sudah merangkum Open Pit Lead Mining di Belitung Timur, ini beberapa faktanya:

  1. Sejarah Open Pit tidak lepas dari usaha Belanda untuk menambang biji timah di Indonesia. Kala itu, Belanda menggali timah hingga membentuk cekungan.
  2. Selain tambang yang berbentuk dalam, wisatawan di tempat ini juga bisa melihat kolam berwarna biru turqoise yang ada di dasar tambang. Warnanya yang cantik pun senantiasa menarik turis.
  3. Di Open Pit, travelers juga bisa menjajal mendaki jalur yang menanjak dan memutar di sekitar kawah. Cocok bagi Anda yang menyukai tantangan.
  4. Keunikan kawasan wisata tempat ini tak berhenti sampai di sana. Selain bekas tambang timah, ada juga gua yang dapat ditelusuri dan memiliki kedalaman 676 meter.
  5. Wisata tempat ini tepatnya berada di Desa Senyubuk, Kelapa Sampit, sekitar 60 km dari Tanjung Pandan. Meski jalur yang ditempuh cukup susah, namun rasa lelah travelers akan terbayar oleh keindahan tempat ini yang memukau.