OPEC+ Tunda Pertemuan, Harga Minyak Anjlok

OPEC+ Tunda Pertemuan, Harga Minyak Anjlok

OPEC+-Tunda-Pertemuan-Harga-Minyak-Anjlok
OPEC+ Tunda Pertemuan, Harga Minyak Anjlok

Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) Amerika Serikat (AS) anjlok 9,2% menjadi US$ 25,72 per barel.

Sementara harga patokan internasional, minyak mentah Brent turun 8,7% menjadi US$ 31,15 per barel.

Harga minyak turun tajam selama jam perdagangan overnight (overnight trading) pada hari Minggu (5/4/2020). Itu terjadi setelah negara-negara pengekspor minyak (OPEC) dan sekutu non-OPEC mengumumkan menunda pertemuan penting mereka.

Padahal pada pekan lalu, harga minyak sempat mencatatkan rekor terbaik dalam seminggu setelah kelompok gabungan yang disebut OPEC Plus (OPEC+) itu dikabarkan akan mengadakan pertemuan.

OPEC Plus seharusnya mengadakan pertemuan pada Senin ini untuk membahas kesepakatan dalam hal pemangkasan produksi minyak.

Pertemuan ini banyak diharapkan investor lantaran menandakan ada kemungkinan kelompok itu memiliki kemajuan dalam hal pengurangan produksi untuk menopang harga minyak dunia.

Pertemuan ini sendiri diumumkan setelah pertemuan OPEC Plus pada bulan Maret berakhir tanpa kesepakatan untuk melanjutkan pemangkasan produksi. Padahal harga minyak sedang tertekan akibat minimnya permintaan di tengah merebaknya wabah virus corona (COVID-19) dan juga kelebihan pasokan.

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini Meroket

Kesepakatan untuk melanjutkan pemangkasan produksi gagal dibentuk setelah pemimpin anggota non-OPEC. Rusia,menolak untuk mengurangi produksi 1,5 juta barel per hari (bph) yang diusulkan Arab Saudi, sebagaimana dilaporkan CNBC International. Hal ini juga telah melahirkan perang harga antara dua negara produsen besar minyak dunia itu.