OPEC+ & China Tahan Harga Minyak Mentah Dari Terjun Bebas

OPEC+ & China Tahan Harga Minyak Mentah Dari Terjun Bebas

OPEC+-&-China-Tahan-Harga-Minyak-Mentah-Dari-Terjun-Bebas
OPEC+ & China Tahan Harga Minyak Mentah Dari Terjun Bebas

Produsen minyak global yang tergabung dalam OPEC+ seperti Arab Saudi, Rusia dan koleganya. Mereka berupaya sekuat tenaga menahan laju kemerosotan harga minyak.

Memangkas produksi besar-besaran menjadi jalan untuk menenangkan pasar, sehingga tidak timbul sentimen negatif. 

Sesi pembukaan dagang hari ini, harga minyak mentah masih terkoreksi tetapi tak banyak usai melesat hingga 2% pada perdagangan kemarin.

Brent turun 0,28% ke US$ 39,61/barel dan minyak mentah acuan Amerika Serikat (AS) yakni West Texas Intermediate (WTI) terpangkas 0,57% ke US$ 36,91/barel.

Kasus infeksi virus corona kini sudah melampaui angka 8 juta secara global. Peningkatan signifikan terjadi di Amerika Latin.

Sementara itu AS dan China kini harus berjuang dengan lonjakan kasus baru yang terjadi beberapa hari terakhir.

Setelah dua bulan tanpa kasus infeksi baru, Beijing melaporkan adanya 79 kasus baru dalam empat hari terakhir. Kabar ini membuat pasar kembali cemas akan ancaman gelombang kedua wabah.

Baca Juga: Harga Batu Bara Naik Tipis

Harga minyak mentah untuk kontrak yang ramai diperdagangkan pun melorot ke bawah US$ 40/barel. Namun ada faktor yang membuat harga minyak tak jatuh bebas di tengah kondisi seperti sekarang ini.

OPEC+ terus berupaya untuk memastikan bahwa pemangkasan produksi sebesar 9,7 juta barel per hari (bpd) hingga bulan Juli benar-benar dipatuhi oleh anggotanya terutama beberapa negara seperti Iraq yang komitmennya rendah di bulan lalu.