Ombudsman Ungkap 3 Alasan BBM Pertamina Belum Turun

Ombudsman Ungkap 3 Alasan BBM Pertamina Belum Turun

Ombudsman-Ungkap-3-Alasan-BBM-Pertamina-Belum-Turun
Ombudsman Ungkap 3 Alasan BBM Pertamina Belum Turun

Anggota Ombudsman RI Laode Ida mengungkapkan ada tiga faktor yang menjadi pertimbangan Pertamina untuk tak menurunkan harga BBM.

Laode mengatakan faktor tersebut diungkap direksi PT. Pertamina saat bersilaturahmi secara virtual dengan pimpinan dan insan Ombudsman.

Ombudsman RI membocorkan alasan kenapa sampai dengan saat ini PT. Pertamina (Persero) tak juga menurunkan harga BBM walau minyak dunia sempat tertekan hebat. 

Setidaknya yang saya tangkap dari penjelasan Pertamina, ada tiga alasan pokok mengapa harga BBM tidak turun,” ujar Laode.

Pertama, karena harga pokok BBM yang dijual di Indonesia sekarang ini adalah harga sebelum minyak dunia turun. Jadi katanya, kalau dijual dengan harga murah, sudah pasti Pertamina akan mengalami kerugian besar.

Kedua, fluktuasi harga minyak dunia. Ia mengatakan pada hari dimana direksi PT. Pertamina memberikan penjelasan secara virtual pada ombudsman harga BBM dunia menanjak naik di atas US$30-an per barel.

Baca Juga: Iran Sulit Ramalkan Harga Minyak Dunia

Padahal sebelumnya, harga minyak dunia sempat menyentuh posisi US$24,88 per barel atau level harga terendah selama 18 tahun belakangan ini. Ketiga, faktor kesehatan keuangan Pertamina.

Ia mengatakan jika harga BBM diturunkan, Pertamina berpotensi rugi besar. Jika kerugian terjadi, maka akan terjadi pengurangan atau Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan.