Negara dengan Tambang Emas Terbesar di Dunia

Negara dengan Tambang Emas Terbesar di Dunia

Negara-dengan-Tambang-Emas-Terbesar-di-Dunia
Negara dengan Tambang Emas Terbesar di Dunia

Taukah kamu jika RI punya tambang emas terbesar di dunia? Hal tersebut menjadi penting untuk bicara soal nasionalisasi tambang emas RI.

Tarik ulur proses divestasi Freeport berlangsung puluhan tahun. Hingga akhirnya tambang emas terbesar di dunia tersebut kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.

Pada Kamis 12 Juli 2018, dilakukan penandatanganan pokok-pokok kesepakatan divestasi atau Head of Agreement (HoA) antara PT. Freeport Indonesia antara PT. Indonesia Asahan Aluminium (Persero) yang merupakan holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor tambang dan Freeport McMoran Inc.

Dalam kesepakatan ini Inalum akan menguasai 41,64 persen PT. Freeport Indonesia. Langkah ini untuk menggenapi 51 persen kepemilikan saham oleh pihak nasional.

Saya telah mendapatkan laporan bahwa holding pertambangan kita, Inalum, telah capai kesepakatan awal dengan Freeport pengolahan untuk meningkatkan kepemilikan kita menjadi 51 persen dari yang sebelumnya 9,36 persen. Alhamdulillah,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) di BSD, Tangerang, Kamis, 12 Juli 2018.

Namun, sebetulnya seberapa besar tambang emas di Papua bila dibandingkan tambang-tambang emas di negara lain?

Berikut negara dengan lima tambang emas yang memiliki kandungan terbesar di dunia seperti dilansir dari Mining Global.

Dulu, Siberia ditakuti warga Kekaisaran Rusia. Sebab, para kriminal akan dikirim ke sana. Ternyata, ada tambang emas besar di Siberia Timur, atau tepatnya di Krasnoyarsk.

Baca Juga: Minyak Menuju Harga Keseimbangan yang Baru

Berdasarkan perhitungan pada 2012, tambang emas bernama Olimpiada tersebut memiliki cadangan sebesar 47,5 juta ounce, dan sempat memproduksi emas sebesar 943 ribu ounce pada 2016.

Penambangan di Olimpiada dioperasikan oleh Polyus yang saat ini dimiliki oleh miliarder Rusia, Said Kerimov.