Negara Anggota G-7 Stop Dukung Penggunaan Batu Bara

Must read

Ketujuh negara besar yang tergabung dalam kelompok G-7, yaitu Amerika Serikat (AS), Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, dan Jepang pada pekan lalu (21/5), telah menyepakati pemberhentian dukungan dana internasional untuk proyek-proyek batu bara yang menghasilkan karbon pada akhir tahun ini.

Pemberhentian dukungan tersebut dilakukan untuk semua bahan bakar fosil, demi tercapainya target untuk membatasi kenaikan suhu global hingga 1,5 derajat celcius di atas masa pra-industri, yang dinilai para ilmuwan akan menghindari dampak perubahan iklim yang paling merusak. 

Rencana penghentian investasi internasional dalam sektor batubara ini, nampaknya bukan suatu hal yang mengejutkan bagi para pengusaha batubara di Indonesia, karena berkaitan dengan kebijakan internal negara G7 sendiri.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI), Hendra Sinadi menyatakan, keputusan negara G7 tersebut juga merupakan sebuah formalitas untuk menyatakan dukungan negara-negara ini mendukung percepatan transisi ke energi bersih. 

“Kesepakatan dalam G7 ini adalah suatu formalitas yang menegaskan bahwa negara-negara tersebut mendukung percepatan. Khususnya, memang yang menjadi sasaran yang kami lihat kemarin adalah Jepang, karena Jepang selama ini masih sangat bergantung dengan energi fosil,” ujar Hendra, dalam acara Market Review IDX Channel, Senin (21/6/2021)

Lanjutnya, dengan adanya komitmen dari negara-negara G7 tersebut, Pemerintah Indonesia juga telah menegaskan komitmennya untuk menuju transisi energi. Namun, menurut Hendra, permintaan atas batubara dalam jangka satu hingga dua dekade di Indonesia sendiri masih menjanjikan.

“Kami melihat bahwa dalam jangka pendek demand terhadap batu bara, baik untuk ekspor maupun penggunaan dalam negeri tentunya masih cukup menjanjikan. Paling tidak dalam satu hingga dua dekade ini. Setelah itu, tentu secara gradual demand terhadap batu bara mulai berkurang,” ungkap Hendra.

Baca Juga : Negara-negara G-7 Sepakat Stop Penggunaan Batu Bara

Tidak hanya itu, menurut Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins menyatakan, kesepakatan negara G7 untuk menghentikan dukungannya terhadap batubara tersebut, telah menunjukkan kemajuan dalam mengatasi krisis dan berharap akan ada peluang kerjasama Indonesia dengan negara-negara G7 terkait dengan sikap baru mengenai sektor batubara.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article