MPI Dorong Pemerintah Segera Desain Peta Pertambangan

Must read

Masyarakat Pertambangan Indonesia (MPI) mendorong pemerintah agar segera mendesain peta pertambangan mineral dan batu bara (minerba) yang mempunyai validitas yang teruji sehingga dapat disepakati bersama semua pihak.

Dengan peta pertambangan, pemerintah dapat merumuskan perencanaan , penetapan tata ruang dan kawasan pertambangan.

“Dengan begitu akan memberi kepastian bagi dunia usaha yang memperoleh izin usaha pertambangan,” kata Ketua Umum Dewan Pertimbangan Nasional MPI Amin Ngabalin pada Minggu (9/5/2021).

Amin menilai, di Indonesia, hampir di setiap daerahnya memiliki sumber daya tambang yang kaya.

Misalnya persebaran barang tambang dari Sumatera hingga Papua tentu saja memiliki perbedaan, mengingat adanya sejarah dan kondisi geologis di masa lampau turut memengaruhi.

“Peta migas sudah diterapkan di sektor migas di kementerian teknis. Melalui rangkai survei seperti geologi bisa menggambarkan potensi cadangan migas di suatu wilayah. Dengan data tersebut dapat ditenderkan, bagi pemerintah akan memperoleh penerimaan negara dan memudahkan kepastian kontraktor melakukan eksplorasi pertambangan,” lanjutnya.

Baca Juga: Daerah Penghasil Tambang Batu Bara di Indonesia

Lebih rinci, menurut Amin, dalam praktik kegiatan eksplorasi pertambangan minerba antara pengusaha dengan pengusaha lain kerap kali masih dibuat bingung karena mengalami masalah tumpang tindih perizinan.

Hal ini tentunya merugikan finansial  dan memiliki dampak sosial untuk pengusaha.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article