Moon Express ! Robot Eksplorasi Tambang Mineral di Bulan

Must read

Moon Express! Robot Eksplorasi Tambang Mineral di Bulan
Moon Express! Robot Eksplorasi Tambang Mineral di Bulan

Sebuah startup asal Florida yang bernama Moon Express siap menciptakan kelas MX Robot Eksplorasi untuk menambang mineral mahal di Bulan. Robot yang diinisiasi Moon Express akan diberi nama MX-1E.

Sebelumnya, dalam keterangan resminya, Moon Express, pada Rabu (12/7/2017), mengungkapkan rencananya untuk membangun sebuah pos terdepan di Kutub Selatan Bulan pada 2020. 

Robot tersebut diharapkan dapat menambang Bulan untuk mencari mineral. Apabila mineral berhasil ditemukan di bulan, maka selanjutnya akan dijual mahal di Bumi.

“Kami menjualnya. Ini akan langsung menjadi bahan yang paling berharga dan paling langka di Bumi,” ungkap Bob Richards, CEO Moon Express seperti dikutip dari Space, Sabtu (13/5/2017).

Kendati demikian, perusahaan ini belum membagikan informasi apapun tentang teknologi yang akan digunakannya untuk menambang Bulan untuk mineral.

Sebagai informasi, Bulan memang memiliki sejumlah sumber bahan baku yang penting seperti helium 3 yang diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan energi bumi selama ribuan tahun.

Baca Juga : Salut! RI Masuk Produsen Nikel Terbesar di Dunia

Sumber daya lain juga bisa diperoleh dari asteroid yang diperkirakan mengorbit pada matahari. Seukuran gunung, asteroid tersebut terbuat dari platinum dan logam berharga lainnya. Namun dalam waktu dekat ini, Moon Express lebih fokus untuk mempersiapkan layanan transportasi berbiaya rendah ke permukaan bulan untuk komersial, swasta, akademis, dan pemerintah.

Terkait pembiayaannya, Richard memperkirakan pembangunan MX-1E kurang dari 10 juta dolar AS.

“Kami ingin mengurangi biaya pergi ke bulan dengan melakukan proyek ini. Ada pasar baru yang bermunculan jika proyek ini sukses,” sambungnya..

Ia lebih lanjut berharap agar di tahun-tahun mendatang, Moon Express akan diluncurkan setidaknya dua kali setahun.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article