Minyak Mentah Stabil Saat Amerika Memanas

Minyak Mentah Stabil Saat Amerika Memanas

Minyak-Mentah-Stabil-Saat-Amerika-Memanas
Minyak Mentah Stabil Saat Amerika Memanas

Harga minyak berjangka cenderung stabil pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), disaat meningkatnya ketegangan AS-China.

Namun, harga mendapat dukungan dari laporan bahwa OPEC dan Rusia hampir mencapai kesepakatan memperpanjang pemangkasan produksi.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli turun tipis lima sen atau 0,1 persen menjadi menetap di USD 35,44 per barel.

Sementara itu, minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus naik tipis USD 0,48 atau 1,3 persen menjadi USD 38,32 per barel.

Harga minyak mendapat dukungan setelah berita bahwa Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan Rusia, yang dikenal sebagai OPEC+. Bergerak lebih dekat ke kompromi pada perpanjangan pemotongan produksi minyak dan sedang membahas perpanjangan pembatasan satu hingga dua bulan.

Baca Juga: Upaya Menguak Legenda Tambang Emas Misterius

Aljazair, yang memegang jabatan presiden OPEC bergilir. Telah mengusulkan agar OPEC+ memajukan pertemuan pada 4 Juni dari yang direncanakan sebelumnya 9-10 Juni.

OPEC+ sepakat pada April untuk memangkas produksi sebesar 9,7 juta barel per hari untuk Mei dan Juni karena pandemi COVID-19 merusak permintaan.