Minyak Brent Mampu Rebound

Minyak Brent Mampu Rebound

Minyak-Brent-Mampu-Rebound
Minyak Brent Mampu Rebound

Laporan keuangan sektor teknologi yang meyakinkan serta pemulihan harga minyak mendorong sentimen investor di bursa saham Eropa.

Bursa saham Eropa ditutup menguat pada perdagangan Rabu (22/4/2020). Karena laporan keuangan sektor teknologi yang meyakinkan serta pemulihan harga minyak mendorong sentimen investor.

Dilansir dari Bloomberg, indeks Stoxx Europe 600 ditutup naik 1,8 persen, setelah turun 3,4 persen pada hari Selasa. Sektor minyak dan pertambangan menjadi pendorong terbesar menyusul pemulihan harga minyak Brent dari level terendah tahun 2002.

Sektor teknologi juga jadi pendorong saham, dengan STMicroelectronics NV naik 8,4 persen dan Ericsson AB naik 4,8 persen setelah merilis laporan keuangan kuartal pertama.

Bursa Eropa melonjak ke pasar bullish pada hari Senin sebelum merosot di sesi berikutnya di tengah kekhawatiran bahwa jatuhnya harga minyak dapat menjadi tanda bahwa pukulan terhadap ekonomi global dari wabah virus corona (Covid-19) akan jauh lebih buruk daripada perkiraan, bahkan ketika sejumlah negara mulai melonggarkan lockdown.

Namun, pemulihan pasar pada hari Rabu mengisyaratkan bahwa kerugian komoditas mungkin telah berlebihan dan investor mulai fokus pada kinerja perusahaan.

“Saya agak terkejut dengan sentimen yang positif ini,” kata Alberto Tocchio, kepala investasi di Colombo Wealth SA.

Baca Juga: Harga Minyak Anjlok Lagi

“Minyak menjadi pusat perhatian karena merupakan proksi untuk permintaan global dan lebih khusus produksi industri. Saya kira pasar ekuitas belum keluar dari hutan sehingga harus lebih sabar,” lanjutnya, seperti dikutip Bloomberg.

Di sisi lain, saham Kering SA anjlok 4,9 persen hari ini setelah perusahaan mode Prancis ini memproyeksikan penurunan penjualan terhadap memberikan proyeksi hati-hati terhadap penjualan mewah di China.