Mining Sustainable Fund Penting Diterapkan di RI

Mining Sustainable Fund Penting Diterapkan di RI
Mining Sustainable Fund Penting Diterapkan di RI

Rizal Kasili selaku Ketua Umum Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) menilai, kebijakan Mining Sustainable Fund sangat penting untuk segera diterapkan di RI karena beberapa komoditas (sumber daya minerba) sudah semakin sedikit cadangannya dan tidak akan bertahan lebih lama lagi.

“Hal ini penting dipertimbangkan agar tujuan memakmurkan rakyat dan menjamin kelangsungan modal pembangunan dapat tersedia di masa mendatang, termasuk setelah sumber daya minerba tersebut habis ditambang,” ungkap Rizal pada Kamis (18/2/2021).

Rizal menegaskan, kebijakan pemanfaatan dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sektor minerba dengan konsep Mining Sustainable Fund yang serupa Sovereign Wealth Fund (SWF) dinilai penting untuk segera diberlakukan di negara ini. 

Mining Sustainable Fund dapat memanfaatkan sumber dana dari PNBP sektor minerba. Berdasarkan peraturan yang berlaku, pendapatan dari PNBP minerba masih harus dilakukan pembagian dengan daerah penghasil komoditas minerba dengan rumusan tertentu.

Di sisi lain, dana tersebut sebenarnya juga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan Mining Sustainable Fund dengan alokasi yang ditentukan undang-undang (UU).

Pihak pemerintah daerah juga dapat memanfaatkan dana bagi hasil dari PNBP tersebut untuk mengembangkan Mining Sustainable Fund di daerahnya masing-masing.

Baca Juga: Sektor Tambang Topang Ekonomi Kawasan Indonesia Timur

“Tentu pengelolaannya harus dilakukan secara profesional, transparan, akuntabel, serta dikontrol ketat oleh dewan pengawas yang profesional,” ujar Rizal.

Hanya memang, bukan perkara mudah untuk menerapkan Mining Sustainable Fund di Indonesia, terutama dari segi sumber pendanaannya.