Minerva! Strategi Petrosea Menuju Transformasi Digital 4.0

4
81
Minerva! Strategi Petrosea Menuju Transformasi Digital 4.0
Minerva! Strategi Petrosea Menuju Transformasi Digital 4.0

Minerva, nama dewi dalam mitologi Romawi yang merupakan dewi kebijaksanaan dan strategi menjadi nama yang dipilih untuk proyek strategi transformasi digital 4.0 PT Petrosea.

Dengan mengusung pendekatan 3D yakni Diversifikasi, Digitalisasi, dan Dekarbonisasi dari proses operasi, PTRO menjalankan transformasi digital 4.0 nya.

Dalam menjalankan strategi Minerva nya, Petrosea memanfaatkan serangkaian teknologi canggih seperti Artificial Intelligence (AI), sensor pintar, dan machine learning.

Melalui strategi transformasi digital ini, Minerva menjadi salah satu proyek yang menguntungkan karena mengurangi biaya dan meningkatkan produksi.

Petrosea bekerja sama dengan tim McKinsey untuk memastikan kesuksesan dari proyek Minerva melalui implementasi berbagai inisiatif, seperti real-time crew management, dynamic dispatch, road analyzer, real-time fuel optimizer, predictive maintenance, digitalisasi proses maintenance secara menyeluruh, digital change management, dan lainnya.

Dalam menjalani transformasi digital 4.0 melalui Minerva, Petrosea menghadapi sejumlah tantangan.

Salah satunya adalah mengenai kompetensi yang dimiliki para sumber daya manusianya.

Baca Juga: Perusahaan Induk Petrosea Genjot Diversifikasi Bisnis

Untuk mengatasinya, Petrosea mengadakan metode training untuk membuat mereka tertarik untuk belajar dan memahami pekerjaan dengan baik. 

Sebagai informasi, Petrosea sendiri melakukan transformasi digital 4.0 nya sejak tahun 2018.

Hal ini didorong oleh adanya perubahan industri, persyaratan dan peraturan yang semakin banyak, serta penolakan dari masyarakat terhadap dampak lingkungan dari industri tambang.

Oleh karena itu, Petrosea mendobrak status quo dengan transformasi digital.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here