MIND ID Tebus Saham Vale Indonesia

MIND ID Tebus Saham Vale Indonesia

MIND-ID-Tebus-Saham-Vale-Indonesia
MIND ID Tebus Saham Vale Indonesia

Holding Pertambangan Mining Industry Indonesia (MIND ID) dikabarkan mengakuisisi 20 persen saham PT. Vale Indonesia, anak perusahaan raksasa pertambangan asal Brasil, Vale, sekaligus operator tambang nikel di Pulau Sulawesi.

Akuisisi tersebut dilakukan untuk memperluas kontrol atas produksi nikel karena permintaan global untuk komoditas tersebut, yang digunakan sebagai baterai dalam kendaraan listrik, meningkat.

Seperti diberitakan Nikkei, dalam kesepakatan yang ditandatangani minggu lalu, MIND ID setuju untuk membayar gabungan 390 juta dolar AS atau lebih kepada Vale dan Sumitomo Metal Mining asal Jepang untuk saham Vale Indonesia.

Transaksi diharapkan akan selesai pada akhir tahun. Setelah itu, Vale akan memiliki saham 44,3 persen dan Sumitomo 15 persen, sedangkan sisa saham akan diperdagangkan secara publik.

Baca Juga: Perusahaan Smelter Lokal Tidak Impor Bijih Nikel

Kesepakatan ini merupakan bagian dari perjanjian tahun 2014 lalu antara Vale Indonesia dan pemerintah Indonesia yang menetapkan bahwa Vale perlu mendivestasikan 20 persen sahamnya kepada entitas lokal.

Ini agar mereka berhak untuk terus beroperasi setelah 2025, ketika kontrak penambangannya dengan pemerintah berakhir.