Mind ID, Nama Baru Holding BUMN Tambang

Holding Industri Pertambangan (HIP) BUMN yang menaungi 5 perusahaan industri tambang di Indonesia resmi berganti nama menjadi MIND ID yang merupakan akronim dari Mining Industry Indonesia pada sabtu, 17 Agustus 2019.

Lima perusahaan tambang pelat merah yang tergabung dalam holding tersebut di antaranya PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), dan PT Timah Tbk.

Baca juga artikel:

  1. Alasan China Berinvestasi Tambang Batu Bara Indonesia
  2. Pajak Pertambangan Menurun Tahun Ini
  3. Mengintip 6 Lokasi Bekas Tambang Yang Kini Jadi Tempat Wisata
  4. Mengenal Lebih Dekat Menteri ESDM Baru, Arifin Tasrif!

Identitas baru MIND ID sekaligus memperjelas fungsi Inalum sebagai Holding Industri Pertambangan dan Inalum sebagai pelaksana operasional peleburan aluminium. Tidak ada perubahan terhadap struktur badan hukum dan operasional dari Inalum terkait dengan logo dan nama baru ini.

Dengan demikian, Inalum memegang 65 persen saham PT Aneka Tambang, 65.02 persen saham PT Bukit Asam, 65 persen saham PT Timah, dan 51,2 persen saham PT Freeport Indonesia. Hingga Desember 2018, Holding Industri Pertambangan membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp65,2 triliun atau tumbuh 38 persen dari tahun sebelumnya. “EBITDA konsolidasi mencapai Rp18,5 triliun atau tumbuh 50 persen dari tahun sebelumnya. Sementara laba bersih konsolidasi mencapai Rp10,5 triliun, tumbuh 54 persen dari 2017.