Mimika, Kota Penerima Dana Bagi Hasil Pertambangan Umum Terbesar

Mimika merupakan kabupaten/kota penerima dana bagi hasil sumber daya alam (SDA) pertambangan umum terbesar di Indonesia pada 2018. Data Kementerian Keuangan menunjukkan dana bagi hasil sda pertambangan umum mencapai Rp 1,22 triliun, terbesar dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya.

Kabupaten Mimika adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Timika.

Di kabupaten ini terletak Kecamatan Tembagapura di mana tambang emas terbesar di dunia milik PT. Freeport Indonesia berada. Terdapat sebuah bandar udara nasional di kabupaten ini, yaitu Bandara Moses Kilangin yang terletak di Timika. Serta pelabuhan Nasional, di Poumako.

Baca juga artikel:

  1. Isu-Isu Strategis Nasional Sektor Pertambangan dan Mineral
  2. Pertumbuhan Industri Tambang Tergantung Proyek Listrik 35 Ribu MW
  3. Indonesia Setop Ekspor Nikel, Harga Nikel Dunia Naik
  4. Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Inilah 10 diantaranya!
  5. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
  6. Petrosea dan Schneider Jadi Contoh Industri 4.0

Perekonomian Kabupaten Mimika jika diukur menurut besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku sebesar Rp 85 triliun. Dari jumlah tersebut, sektor pertambangan dan penggalian berkontribusi sebesar Rp 73,08 triliun atau sekitar 86% dari total PDRB Mimika.

Ini mengindikasikan bahwa perekonomian kabupaten yang memiliki wilayah 21 ribu km persegi tersebut sangat tergantung dari aktivitas pertambangan PT Freeport Indonesia.