Menteri ESDM Naikkan Kuota Ekspor Batu Bara

Must read

Menteri ESDM Naikkan Kuota Ekspor Batu Bara
Menteri ESDM Naikkan Kuota Ekspor Batu Bara

Pemerintah melalui kementerian ESDM menaikkan kouta ekspor batu bara dengan menambah target produksi menjadi 625 juta ton dari yang sebelumnya  550 juta ton. Penambahan target ini pun diberikan pemerintah untuk setiap perusahaan tambang. 

Berdasarkan Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor 66.K/HK.02/MEM.B/2021 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 255.K/30/MEM/2020 tentang Pemenuhan Kebutuhan Batu Bara Dalam Negeri Tahun 2021. Menteri ESDM, Arifin Tasrif memberikan tambahan produksi ini bukan untuk DMO, namun untuk tambahan ekspor para perusahaan batu bara.

“Tambahan jumlah produksi batu bara sebesar 75 juta ton sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu B, tidak dikenakan kewajiban persentase penjualan batu bara untuk kepentingan dalam negeri (DMO),” bunyi dari Kepmen tersebut. 

Adapun alasan pemerintah memberikan tambahan produksi yang nantinya bisa dialokasikan oleh para perusahaan batu bara untuk ekspor ini karena dampak pandemi Covid-19.

Baca Juga : Kemenko Marves Bentuk Satgas Ekspor Mineral Ikutan Timah

Dalam Kepmen tersebut disebutkan bahwa dampak pandemi Covid-19 terhadap sektor pertambangan pada 2020 mengakibatkan penurunan keekonomian kegiatan pertambangan secara global, sehingga perlu adanya dukungan pemerintah melalui penambahan jumlah produksi batu bara 2021 untuk penjualan ke luar negeri.

Merespons langkah pemerintah yang menaikkan jumlah produksi, beberapa perusahaan batu bara tengah berencana mengajukan proposal revisi  Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB).

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article