Menteri ESDM Minta Pertamina Optimalkan Pasokan BBM

Must read

Menteri ESDM Minta Pertamina Optimalkan Pasokan BBM
Menteri ESDM Minta Pertamina Optimalkan Pasokan BBM

Menteri ESDM Arifin Tasrif meminta Pertamina untuk tetap optimalkan produksi dan mempertahankan kestabilan pasokan bahan bakar minyak ( BBM ) di kilang-kilang lain, termasuk eKilang Cilacap. Hal ini disampaikannya usai meninjau ke Kilang RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, yang sempat terbakar beberapa hari lalu.

“Dengan terjadinya peristiwa ini (kebakaran) akan mengoptimalkan kapasitas produk di kilang-kilang lain yang ada dengan memperhatikan standar keselamatan bekerja. Kita harapkan kebutuhan dalam negeri bisa dipenuhi dari pertamina sendiri,” kata Arifin pada Sabtu (3/4/2021).

Arifin turut mengapresiasi langkah-langkah yang diambil Pertamina dalam mengatasi kebakaran di Kilang Balongan. Penanganan yang dilakukan Pertamina, menurut Arifin, sangat cepat dan tidak membuat kerusakan yang lebih parah lagi.

Kemudian dalam perkembangan lanjutan insiden tersebut, Pertamina saat ini masih tetap melakukan pendinginan dan pengawasan di area tangki T-301 sambil memastikan tidak ada potensi api yang akan muncul kembali.

Diinformasikan sebelumnya, telah terjadi insiden kebakaran tangki T-301G di Kilang Pertamina Balongan pada tanggal 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari. Kebakaran merembet ke 3 unit tangki lainnya sehingga total 4 unit tangki terbakar (T-301E, T-301F, T-301G, dan T-301H).

Pada saat kejadian tangki T-301E terisi 2.038 KL gasoline, tangki T-301G terisi 23.290 KL gasoline, sedangkan tangki T-301F dan T-301H kosong. Adapun penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti dan proses penyelidikan masih dilakukan pihak internal dan eksternal dari Pertamina.

“Investigasi mengenai penyebab terjadinya insiden ini masih dilakukan, masih dalam proses investigasi, kita pendalaman yang lebih dalam, memang ada data-data informasi awal tetapi tidak bisa dijadikan justifikasi langsung, kita butuh proses karena ada yang terlihat langsung ada yang tidak terlihat langsung,” tambah Arifin.

Baca Juga : ESDM dan TNI AL Teken Komitmen Migas Lepas Pantai

Sementara itu, terkait ketersediaan stok untuk kebutuhan masyarakat, PT Pertamina (Persero) memastikan tidak akan terjadi kelangkaan. 

“Masyarakat tidak perlu panik, pasokan BBM dalam keadaan aman. Yang terbakar hanya storage, bukan kilang. Sehingga kilang sudah dapat mulai di start up dan selanjutnya dapat beroperasi secara normal. Balongan ini memasok ke Plumpang Jakarta dan Cikampek. Dan sampai sekarang pasokan dan distribusi aman,” ungkap VP Corporate Communication, Pertamina Fauziah Usman.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article