Menko Luhut : Investasi Tesla Sudah Tidak Lama Lagi

Must read

Menko Luhut : Investasi Tesla Sudah Tidak Lama Lagi
Menko Luhut : Investasi Tesla Sudah Tidak Lama Lagi

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan rencana produsen  mobil listrik Tesla Inc untuk berinvestasi di Indonesia sudah tidak lama lagi akan terealisasi. Rencana investasi Tesla ini terkait dengan hilirisasi nikel terutama menjadi baterai.

“Hilirisasi nikel kerja sama pertambangan hingga hilir termasuk dengan Tesla kita ada progress, Saya kira gak terlalu lama kita akan dengar progress baik dengan Tesla,” ujar Luhut pada Rabu (24/3/2021).

Tidak hanya Tesla, beberapa perusahaan internasional juga telah masuk ke Indonesia dalam rangka pembuatan baterai. Perusahaan tersebut adalah LG Chem dan CATL. Sementara, beberapa perusahaan turut masuk dalam industri smelter Nikel yang menjadi bahan baku baterai.

Baca Juga : INDY Resmi masuk Perkongsian Pelabuhan Patimban

“Trend kadar nikel pada baterai semakin tinggi, supply nikel diproyeksikan tidak akan cukup,” timpal Luhut.

Sebelumnya, Luhut pertama kali mengungkapkan soal rencana investasi Tesla di Indonesia pada pertengahan Desember 2020 lalu. Saat itu, publik berspekulasi jika Tesla akan segera membangun pabrik mobil listrik di Indonesia.

Namun, Luhut kembali menjelaskan, dirinya tidak pernah menyebut bahwa minat investasi Tesla di Indonesia terkait pembangunan pabrik mobil listrik.

“Yang benar begini, kita sudah NDA (Non-Disclosure Agreement) dengan mereka. Saya nggak mau mengulangi kesalahan. Kita tidak tidak pernah bicara pabrik mobil. Ada enam sebenarnya di tempat mereka itu, ada Starlink, launching pad, hypersonic, battery lithium pack, stabilizer energi, itu yang kita bicarakan,” terangnya pada Kamis (25/02/2021).

Lebih lanjut, menurut Luhut, besarnya potensi sumber daya bijih nikel di Indonesia menjadi salah satu daya tarik Tesla maupun calon investor lainnya untuk melakukan investasi di Tanah Air. 

“Karena apa? Indonesia itu penghasil nikel ore (bijih nikel) terbesar di dunia, jadi mereka melihat potensi dari kita,” imbuhnya.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article