Menjaga Objek Vital Nasional Freeport

Menjaga Objek Vital Nasional Freeport

"<yoastmark

Tony Wenas, Direktur Utama PTFI, mendatangi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa di Mabes AD.

Bos PT. Freeport itu melaporkan situasi keamanan dan kinerja para prajurit TNI AD yang selama ini terlibat dalam menjalankan operasi pengamanan di Papua, khususnya di sekitar daerah tambang PT.Freeport.

Situasi keamanan di Papua hingga saat ini diketahui masih belum menentu.

Itu tak lain lantaran kelompok separatis bersenjata Papua hingga hari ini masih kerap kali melakukan serangkaian serangan dengan mensasar aparat penegak hukum TNI dan Polri, maupun masyarakat sipil yang bekerja di salah satu objek vital nasional PT. Freeport Indonesia (PTFI).

Freeport Indonesia merupakan suatu perusahaan berstatus obyek vital nasional, tujuan kedatangan kami bertemu dengan kasad adalah untuk melaporkan kerja sama yang sudah terjalin dalam pengamanan ancaman yang datang.

Baru-baru ini serangan yang dilakukan oleh KKB Papua itu telah menimbulkan korban jiwa pada karyawan PT. Freeport.

Ancaman yang ditujukan kepada perusahaan tambang emas milik Amerika Serikat (AS) dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua tentunya merupakan persoalan serius.

Sehingga, dia berharap TNI AD dapat membantu dalam meningkatkan keamanan di daerah lokasi tambang emas itu.

Sementara itu, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menjelaskan, persoalan keamanan di Papua memang menjadi perhatian khusus bagi seluruh aparat keamanan di Indonesia, baik TNI maupun Polri.

Terkait dengan kerja sama dengan PT. Freeport Indonesia, Jenderal Andika menjelaskan, TNI AD hanya menjalankan tugas yang telah diamanatkan oleh pemerintah Indonesia dalam menciptakan keamanan dari berbagai kemungkinan ancaman yang ada di depan mata, termasuk mengamankan objek vital nasional (PT. Freeport) dari ancaman Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papau.

Baca Juga: Mayoritas Harga Komoditas Tambang Naik Bulan Ini

“Pada dasarnya kerja sama dengan PT. Freport Indonesia ini change of command-nya ada di Mabes TNI. Personil kita hanya menjalankan tugas di sana. Dan saya hanya mengingatkan saja ????bahwa setiap prajurit TNI Angkatan Darat yang menjalankan operasi apapun, agar selalu menjaga diri dan menjunjung tinggi attitude selama menjalankan tugas di sana,” kata Jenderal Andika.