Menguatnya HBA April Membuat ITMG Sumringah

Must read

Menguatnya HBA April Membuat ITMG Sumringah
Menguatnya HBA April Membuat ITMG Sumringah

Menguatnya harga batu bara acuan (HBA) di  bulan April  membuat PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) sumringah karena dampak dari kenaikan HBA tersebut membuat performa emiten batu bara ini kian membaik. 

Direktur Komunikasi Korporat & Hubungan Investor PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) Yulius Gozali mengungkapkan, harga batu bara yang lebih tinggi bisa membuat kinerja keuangan perusahaan menjadi lebih baik.

“Perusahaan akan lebih leluasa dalam memaksimalkan pertumbuhan baik organik maupun inorganik. Meskipun demikian, perusahaan akan terus meningkatkan efisiensi dalam operasi,” kata Yulius pada Rabu (7/4/2021).

Sebagai informasi, selain faktor demand and supply, perhitungan nilai HBA juga didapatkan dari rata-rata empat indeks harga batu bara dunia, yaitu Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEX), Globalcoal Newcastle Index (GCNC), dan Platt’s 5900 pada bulan sebelumnya. Nilai HBA tersebut dipakai pada penentuan harga batu bara pada titik serah penjualan secara Free on Board di atas kapal pengangkut (FOB Vessel).

Baca Juga : Perang Dagang Australia dan China Bikin HBA Meroket

Dari laporan yang dirilis, HBA di bulan April 2021 naik ke posisi US$ 86,68 per ton, naik US$ 2,21 per ton dibanding posisi HBA pada bulan Maret 2021. Sebelumnya, nilai HBA di beberapa bulan pertama tahun 2021 cukup fluktuatif. 

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article