Mengintip 6 Lokasi Bekas Tambang Yang Kini Jadi Tempat Wisata

Lokasi Bekas Tambang
Sudut Energi – Tebing Breksi
  1. Lubang Tambang Mbah Suro, Sawahlunto Sumatera Barat
Lubang Tambang Mbah Suro
Sudut Energi – Lubang Tambang Mbah Suro

UNESCO menetapkan pertambangan batubara Ombilin di Sawahlunto, Sumatera Bara sebagai warisan dunia kategori budaya. Penetapan tersebut dilakukan pada sidang ke-43 Komite Warisan Dunia UNESCO PBB di Pusat Kongres Baku, Azerbaijan. Pada zamannya, Sawahlunto terkenal sebagai kota penghasil batubara dan penambangan batubara dilakukan di dalam bawah tanah.

Baca juga artikel terkait Lokasi Bekas Tambang: Nikel dan Peluang Indonesia Menguasai Pasar Global

2. Bukit Jaddih, Bangkalan Madura

Bukit Jaddih
Sudut Energi – Bukit Jaddih

Bukit Jaddih, Socah, Bangkalan, Madura merupakan area penambangan batu kapur. Namun, beberapa areal yang tidak lagi di tambang dialihfungsikan menjadi tempat wisata dengan dibangun kolam renang Goa Potte yang dikelilingi keindahan batu kapur. keunikan Bukit Jaddih ini disebut-sebut sebagai Cappadocia di Turki versi Indonesia.

Baca juga artikel terkait Lokasi Bekas Tambang: Harga Batubara Turun, Pajak Pertambangan Terkontraksi 20,6%

3. Brown Canyon, Semarang

Brown Canyon Semarang
Sudut Energi – Brown Canyon, Semarang

Brown Canyon yang disebut-sebut mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat merupakan lahan tambang Galian C yang masih aktif hingga saat ini. Keindahan yang ditawarkan yaitu Palung dan bukit-bukit pasirnya dikarenakan pemandangan yang eksotik untuk latar foto anda atau instagramable.

Baca juga artikel terkait Lokasi Bekas Tambang: Pertambangan Dan Industri di Indonesia

4. Bukit Jamur, Gresik

Bukit Jamur

Bukit Jamur yang berada di Bukit Kaliwot, Bungah, Gresik, Jawa Timur ini merupakan bekas galian tambang kapur yang dulu beroperasi di tahun 1992 dan kemudian ditutup penambangannya di tahun 2008. Luas areanya sekitar 3 hektar di mana terdapat bukit-bukit menyerupai jamur sehingga memanjakan mata anda yang datang.

Baca juga artikel terkait Lokasi Bekas Tambang: Indonesia Bakal Diuntungkan Penambahan Import Batu Bara dari China

5. Tebing Breksi, Jogja

Lokasi Bekas Tambang

Sebuah tebing bekas tambang batu breksi yang berada di Sambirejo, Prambanan, Sleman, Jogja. Batuan di Tebing Breksi ini ternyata merupakan sebuah lava dari Gunung Api Purba yang menggumpal dengan melewati proses jutaan tahun lamanya. Area tambang ini akhirnya ditutup. Bekas daerah tambang tersebut kini disulap menjadi kawasan wisata.

6. Danau Kaolin, Belitung

Lokasi Bekas Tambang

Danau Kaolin berlokasi di Perawas, Tanjungpandan. Danau ini merupakan bekas tambang kaolin yang menampakkan keindahan melalui air berwarna biru tosca menggenanginya dan terdapat bukit-bukit kecil bekas tambang.