Mengenal Lebih Dekat Menteri ESDM Baru, Arifin Tasrif!

Arifin Tasrif resmi menggantikan Ignasius Jonan sebagai menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk lima tahun ke depan. Sosok seperti apakah sebenarnya Arifin Tasrif ini? Apa saja prestasinya? Mari kita kenal lebih jauh sosok Menteri ESDM 2019-2014.

Beliau lahir di Jakarta, 19 Juni 1953. Arifin Tasrif pernah mengenyam pendidikan di SMA Yayasan Pendidikan Harapan, Medan (1968-1971). Arifin Kuliah Teknik Kimia di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1971-1977.

Baca juga: Harga Gas Batal Naik Hingga Akhir 2019

Pada tahun 2011, ia menerima penghargaan Honorary Fellowship Award dari AFEO (ASEAN Federation of Engineering Organization) atas kontribusinya dalam dunia keprofesian sebagai insinyur di Indonesia maupun regional Asia Tenggara.

Selain berkarir di dunia profesional terutama di dunia korporasi, beliau juga seorang teknokrat yang pernah berkecimpung dalam organisasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) lho.

Karir Arifin Tasrif cemerlang, beliau pernah menjabat sebagai Direktur Bisnis PT Rekayasa Industri selama enam tahun dari 1995-2001. Selanjutnya selama kurang lebih sepuluh tahun, Ia menjabat sebagai Direktur Utama PT Petrokimia Gresik (2001-2010).

Arifin juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Indonesia pada tahun 2010-2015. Beliau menjadi dirut pertama BUMN pupuk setelah holdingisasi yang dilakukan oleh kementerian BUMN.Dalam hal tersebut, Arifin ditugaskan oleh Kementerian BUMN untuk mengkoordinasikan produksi dan distribusi lima perusahaan pupuk nasional.

Setelah mengemban tugas sebagai Dirut, Arifin Tasrif ditunjuk sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia. Arifin resmi menggantikan pendahulunya yaitu Yusron Ihza Mahendra pada 22 Juni 2017. Namun pada 23 Oktober lalu, ia didapuk sebagai Menteri ESDM menggantikan Ignasius Jonan untuk periode lima tahun ke depan.