Mantab! Indika Energy Terjun ke Bisnis Kendaraan Listrik

Must read

Mantab! Indika Energy Terjun ke Bisnis Kendaraan Listrik
Mantab! Indika Energy Terjun ke Bisnis Kendaraan Listrik

Secara resmi Indonesia kini mempunyai bisnis kendaraan listrik yang bernama PT Electra Mobilitas Indonesia (EMI), yang merupakan anak usaha dari PT Indika Energy Tbk (INDY).

Mengutip dari keterbukaan informasi Indika Energy ke Bursa Efek Indonesia (BEI), pembentukan entitas usaha baru di bidang kendaraan listrik itu dilakukan melalui penyertaan modal dari Indika Energy ke PT Indika Energy Infrastructure.

Pendirian perusahaan baru ini bertujuan dalam perdagangan besar suku cadang sepeda motor dan aksesoris, komponen dan aksesoris mobil, dan jasa konsultasi manajemen.

“Penyertaan saham di EMI merupakan langkah INDY untuk melakukan ekspansi usaha ke sektor kendaraan listrik di Indonesia,” tulis Corporate Secretary INDY, Adi Pramono, dalam keterbukaan informasi BEI pada Rabu (7/4/2021).

Baca Juga : Kinerja Petrosea Moncer saat Pandemi Melanda

Adi turut menjelaskan, EMI dibangun dengan modal sekitar Rp 40 miliar. INDY memegang 99,9975 persen saham EMI atau senilai Rp 39,99 miliar. Sisanya sebesar 0,0025 persen saham EMI atau setara Rp1 juta digenggam oleh Indika Energy Infrastructure (IEI). Saham IEI sendiri seluruhnya dimiliki Indika Energy. 

Kendati demikian, untuk saat ini manajemen INDY belum dapat menjelaskan secara rinci terkait  rencana pengembangan bisnis kendaraan listrik lebih jauh.

Sebagai tambahan, selama ini, Indika Energy sudah menjalankan sedikitnya tiga segmen bisnis, yakni sumber daya energi (batubara), jasa energi dan infrastruktur energi. Di lini sumber daya energi, INDY mengandalkan produsen batubara PT Kideco Jaya Agung dan PT Multi Tambangjaya Utama (MUTU).

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article