Mantab! Ada China di Balik tingginya Harga Batu Bara

Must read

Saat ini China masih menjadi negara penyokong kuat di balik harga batu bara acuan yang naik 1,22% atau semakin mendekati US$ 92/ton pada akhir perdagangan pekan lalu. Sebelumnya, diramal apabila si batu legam ini kembali melesat dan tembus ke level psikologis US$ 90/ton, maka ada kemungkinan harga akan diteruskan melejit.

Kondisi ini sekaligus menunjukkan, lonjakan yang kasus covid-19 di India yang tak kunjung turun seolah tak digubris oleh harga batu bara. Bukannya menurun, harga emas hitam dunia justru mengalami kenaikan.

Seperti yang diketahui, krisis kesehatan di India tahun ini semakin tak terbendung lagi. Laporan sektor kesehatan menyebutkan, kasus infeksi harian Covid-19 di India tembus hampir 400 ribu. Sementara angka kematian harian mencapai lebih dari 3.00 orang.

Baca Juga : Ambisi China yang Menekan Penggunaan Batu Bara

Adapun salah satu pemicu naiknya harga batu bara adalah kenaikan harga batu bara China yang disebabkan oleh ketatnya pasokan di tengah kenaikan permintaan. Harga batu bara termal acuan China Qinhuangdao naik lagi 5,9% minggu lalu dan harga batu bara tembus RM 807/ton.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article