Manfaat Timah Putih dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat timah putih dalam kehidupan sehari-hari kebanyakan untuk kombinasi atau campuran logam lainnya. Timah putih sering digunakan sebagai campuran logam lainnya karena memiliki sifat mudah ditempa dan sulit teroksidasi dalam udara sehingga tahan karat. 

Manfaat-Timah-Putih-dalam-Kehidupan-Sehari-hari

 

Unsur kimia yang memiliki simbol Sn dan nomor atom 50 ini adalah logam yang sangat lembut, mempunyai warna putih dan mempunyai bentuk yang sangat lentur. Keunggulan utamanya adalah tidak mudah teroksidasi dan sangat tahan terhadap karat atau korosi.

Manfaat timah putih dengan sifat yang lebih halus, tidak bisa dipergunakan untuk produk logam murni. Oleh karena itu, timah putih ini lebih sering digunakan sebagai campuran atau kombinasi logam-logam lainnya.

Mengenal Sifat Fisik dan Ciri-ciri Timah Putih

Sifat Fisik Timah Putih

Sebelum mengenali manfaat timah putih, kamu perlu mengetahui sifat fisik timah terlebih dahulu. Berikut beberapa sifat fisik timah putih yang perlu kamu kenali:

– Timah mempunyai warna putih tetapi warna tersebut dapat berganti menjadi warna abu-abu apabila suhunya turun di bawah 13 derajat celcius.

– Timah dapat berubah menjadi logam yang lebih lemah, tidak sulit dicetak serta mudah mencair. Sebab itulah yang mengakibatkan banyak produk yang diproses bersama timah tidak sulit dicetak serta timah tersebut tidak bisa dipergunakan untuk menjadi logam murni.

– Timah mempunyai sifat keuletan, yang sedikit berubah bentuk pada suhu kamar. Walaupun timah bisa menjadi logam yang sedikit keras, tetapi fleksibel. Berubah bentuknya ini bisa terjadi pada suhu 54 derajat Fahrenheit.

– Timah adalah salah satu bahan konduktor listrik yang lebih baik sebab dapat dengan mudah dicetak bersama bantuan solder serta pembentukan pelat listrik.

– Timah memiliki kelemahan yang hanya dapat terkena korosi jika bersentuhan dengan air laut murni, air asam dan basa.